Pemerintah Terus Kembangkan 5 Lokasi Wisata Super Prioritas di Indonesia


Jakarta,GPriority.co.id – Program pengembangan potensi wisata di Indonesia terus digalakkan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program tersebut didasari atas pesona dan pemandangan alam nan indah yang dimiliki Indonesia.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, program pengembangan wisata tersebut merupakan salah satu instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia.

“Pak Presiden Jokowi menginstruksikan untuk fokus dalam pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas terlebih dahulu. Pastikan di tengah pandemi kita berbenah. Bukan hanya dari infrastrukturnya, tapi juga dari sisi ekonomi kreatif,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno dalam wawancaranya.

Berikut ringkasan 5 destinasi wisata super prioritas yang dimaksud oleh Menparekraf:

1. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Candi Borobudur merupakan warisan budaya Internasional yang sudah ada sejak masa Dinasti Sailendra (780-840 SM). Candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini juga digunakan untuk memperingati Hari Raya Waisak bagi umat agama Budha.

Struktur dan kontur bangunan Candi Borobudur memiliki keunikan tersendiri yang membuat wisatawan ingin kembali lagi menjelajahi keindahan dari atas puncak Candi Borobudur.

Selain bangunan candinya, kawasan wisata Borobudur juga terdapar desa wisata. Sekitar 3-4 kilometer dari Candi Borobudur, Anda bisa mengunjungi dan menginap di Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Wanurejo, dan Desa Wisata Candirejo sebagai bentuk pengalaman liburan.

2. Mandalika, Nusa Tenggara Barat
Berkat ajang MotoGP 2022, nama Mandalika mulai dikenal di Mancanegara. Setelah peresmian Sirkuit Balap Mandalika, banyak wisatawan mancanegara yang mulai mengunjungi daerah bukit sekitar Sirkuit Mandalika.

Pantai Kuta Lombok jadi salah satu tempat wisata yang wajib didatangi jika berkunjung ke Mandalika. Selain Pantai Kuta Lombok, Anda juga bisa ke Pantai Tanjung Aan yang air lautnya memiliki keunikan dengan gradasi warna biru dan hijau.

3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas yang menawarkan pengalaman untuk bisa melihat kadal raksasa di habitat aslinya. Selain itu, beberapa obyek wisata yang dapat di kunjungi antara lain wisata budaya Kelor, Tanah Loh Liang, Air Terjun Cunca Wulang, Gua rangko, Goa Batu Cermin, serta bukit dan pulau-pulau kecil lainnya.

4. Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba merupakan danau kawah terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi dan terbentang di 8 kabupaten Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat, dan Dairi.

Danau Toba memiliki beberapa paket wisata diantaranya Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, Bukit Gajah Bobok, dan Pemandian Air Soda di Desa Wisata Parbubu, Tapanuli Utara.

5. Likupang, Sulawesi Utara
Salah satu Surga tersembunyi di Sulawesi Utara ini terkenal akan wisata bahari dan wisata alamnya. Tak tanggung-tanggung, Anda akan disuguhkan pemandangan air laut yang biru serta terumbu karang yang menakjubkan.

Di lokasi ini terdapat Pantai Paal dan Pantai Likupang yang menjadi dua destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi. Jika ingin yang lain, Anda bisa menjelajahi pulau-pulau sekitar seperti Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pulau Bangka, dan Pulau Talise. (Hn.)

Related posts