Pemkab Blora Gandeng Perguruan Silat Ciptakan Keamanan

Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah bersama dengan Polres dan Kodim 0721/ Blora melakukan Silaturahmi Kebangsaan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Jaga Kamtibmas dengan ormas dan perguruan beladiri atau silat se-Kabupaten Blora.

Silaturahmi yang dilaksanakan di Aula Arya Guna Polres Blora, Senin (20/9/2021), bertujuan untuk meningkatkan kondusivitas wilayah, terwujudnya keharmonisan dan sinergitas TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat bisa terjalin dengan baik.

Bupati Blora H. Arief Rohman yang diwakili Wakil Bupati, Tri Yuli Setyowati mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan wujud nyata komitmen bersama dalam upaya Sesarengan Bangun Blora, dari sisi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kegiatan ini sangat penting sebagai bentuk komitmen seluruh warga negara dan sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas yang solid untuk mencegah terorisme, narkoba dan gangguan keamanan.

“Kita semua berharap, seluruh komponen, baik Polri, TNI, maupun masyarakat dapat bekerja secara profesional, untuk mencegah dan mendeteksi dini potensi gangguan yang mengancam keamanan dan ketertiban wilayah, baik itu ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar,” katanya.

Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengundang ormas-ormas dan perguruan beladiri di Kabupaten Blora dengan tujuan untuk menjalin sinergi dalam upaya menjaga kamtibmas.

“Jaga identitas diri dan semaksimal mungkin menghindari kemungkinan terafiliasi dengan kelompok radikal, yang berpotensi menjadi ancaman bagi kedaulatan NKRI,” tegas Kapolres.

Pada kesempatan ini, ormas dan perguruan beladiri mengungkapkan keinginannya agar forum silaturahmi dapat dilaksanakan rutin sebagai upaya meningkatkan kekerabatan. Perwakilan dari IKSPI Kera Sakti Blora,m menuturkan bentuk silaturahmi yang diajukan di antaranya adalah dengan pertemuan rutin maupun dengan mengadakan turnamen olahraga yang diikuti oleh perguruan beladiri.

“Mungkin kita bisa mengadakan pertandingan antar perguruan silat, misalnya Bupati Cup, Kapolres Cup. Dengan demikian, akan semakin mempererat persaudaraan di antara kita,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wabup mengatakan semua masukan sudah diterima dan pihaknya akan merespon setiap masukan dengan baik. (Dwi.foto.dok.Humas Blora)

Related posts