Pemkab Trenggalek Luncurkan Seratus Desa Wisata

Pemerintah Kabupaten Trenggalek, meluncurkan Sadewa atau Seratus Desa Wisata oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin pada Gelar Seni Budaya Daerah 2021 di Hotel Hayamwuruk, Rabu (15/12/21).

Bupati meminta pada 2022 mendatang seluruh perjalanan dinas dalam kota seperti rapat dan sebagainya diarahkan ke desa wisata sebagai upaya dalam mengungkit ekonomi daerah.

“Konsepnya ada yang wisata alam, ada yang berbasis seni dan budaya juga cerita lokal. Semuanya berbasis kearifan lokal dan cerita setempat termasuk sejumlah petikan sejarah setempat,” katanya.

Selain itu, budaya Sinongkelan yang ada di Desa Prambon Tugu telah ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan sebagai kekayaan daeah tak benda berupa sejarah khas asli Trenggalek.

“Hal semacam inilah yang akan terus digali dan dikemas menjadi suatu paket wisata. Jadi memang ada yang wisatanya buatan, berbasis alam, berbasis kebudayaan, semuanya di combine. Saya minta untuk masing-masing desa nanti memiliki unique selling point sendiri,” ujarnya.

Di masa pandemi yang masih berlangsung, Bupati mengatakan desa wisata tetap dibuka utamanya untuk masyarakat lokal.

“Jika dilihat varian baru Covid-19 berasal dari luar negeri, sehingga apabila terpaksa dilakukan pengetatan kemungkinan yang dibatasi adalah wisatawan dari luar wilayah aglomerasi Trenggalek,” tandasnya. (Dw.foto.dok.Humas Trenggalek)

Related posts