Pentingnya Keamanan Siber Bagi Masyarakat

Jakarta,Gpriority-Cyber Crime muncul seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menyebabkan munculnya ancaman kejahatan yang disebut dengan Cyber Crime.  Munculnya beberapa kasus seperti pencurian kartu kredit, hacking beberapa situs, serangan malware hingga menyadap transmisi data orang lain. Berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sepanjang tahun 2021 tercatat lebih dari 800 juta ancaman siber di Indonesia atau setara dengan 42 ancamanper-detik. Maka Indonesia termasuk negara berisiko tinggi terhadap kejahatan siber.

Pusat Sandi &Siber TNI Angkatan Darat (PUSSANSIAD) menggelar Eksibisi Siber PUSSANSIAD 2021 sebagai bentuk mewujudkan pemahaman pentingnya keamanan siber kepada masyarakat. Eksibisi Siber Pussansiad 2021 perdana ini dilaksanakan pada 24 November 2021 dengan konsep kombinasi antara luring (luar jaringan) yang dapat dihadiri oleh undangan terbatas di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta dan secara daring (dalamjaringan) yang dapat disaksikan melalui kanal Youtube Pussansiad.

Brigjen TNI Iroth Sonny Edhi selakuKomandanPusat Sandi &Siber TNI AD (DANPUSSANSIAD) dalam sambutannyamengatakan, adanya kerawanan pada keamanan siber menjadi ancaman bagi pertahanan negara. Dalam hal ini, TNI AD berupaya menegakkan kedaulatan siber di wilayah Indonesia. “Upaya tersebut tidak terlepas dari peran masyarakat serta berkolaborasi dengan TNI AD agar sinergitas tersebut dapat tercapai” ujarnya.

Eksibisi Siber Pussansiad 2021bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik antara TNI AD dengan masyarakat umum khususnya masyarakat dari kaum atau generasi milenial. Serta membangun pemahaman dan persepsi yang positif tentang siber dihadapkan dengan perkembangan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi automatisasi dalam rangka menyiapkan komponen pendukung untuk kepentingan pertahanan negara yang solid di era digital.

DANPUSSANSIAD juga menambahkan, pada ranah siber masih relatif baru sehingga perlu pengenalan dan pemahaman terkait dunia siber bagi personel TNI AD dan juga masyarakat agar semua dapat berperan serta terhadap ancaman keamanan siber.

Diharapkan melalui kegiatan Eksibisi Siber Pussansiad 2021 akan terjalin hubungan yang berkelanjutan dan berkesinambungan antara TNI AD dan masyarakat umum.(Hs.Foto.Dyandra Promosindo)

Related posts