Genap 60 Tahun, Ali Mazi Raih Best Governor for Empowerment and Education

Sultra,Gpriority- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi SH terpilih sebagai Best Governor for Empowerment and Education, bersama 10 Kepala Daerah lainnya di Indonesia, penerima penghargaan People of The Year (POTY) 2021, di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Rabu (24/11/21).

Raihan tersebut menjadi kado terindah bagi Ali di usianya yang genap 60 tahun, pada tanggal 25 November 2021. Ulang tahunnya tersebut juga bertepatan dengan Hari Guru Nasional (HGN) di Indonesia.

Ali Mazi terpilih melalui hasil keputusan tujuh para dewan juri, yang berasal dari unsur akademisi dan media terkemuka di tanah air, serta wawancara langsung dengan Gubernur Sultra didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD.

Para dewan juri yang diketuai oleh Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, mengungkapkan kekaguman serta memuji Program Garbarata melalui lima pilar, salah satunya Sultra Cerdas yang diimplementasikan melalui program pemberdayaan serta pendidikan, dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Gubernur Ali juga telah menjelaskan, bahwa Pemprov Sultra memiliki program prioritas pembangunan Sultra Tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat melalui Garbarata atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

Implementasi Garbarata ditopang lima pilar, yakni pilar Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman, serta pilar kelima yaitu Sultra Produktif.

“Hal ini bukan hanya selogan semata, melainkan secara bertahap dan konsisten dilaksanakan, baik secara teknis di tingkatan Provinsi Sultra hingga ke pusat melalui optimalisasi kehadiran negara dalam desain hukum berupa UU Tentang Daerah Kepulauan,” jelas Ali Mazi.

Selain itu yang membuat dewan juri menajamkan pilihan kepada Ali Mazi yaitu penjelasannya terkait implementasi program Sultra Cerdas berbentuk kegiatan fisik, membangun sekolah baru SMA dan SMK Maritim, penambahan ruang kegiatan belajar, laboratorium, dan perpustakaan modern Sultra bertaraf internasional 7 lantai dengan konsep edukasi dan rekreasi.

Kemudian kemampuan Ali Mazi dalam menyiapkan sarana pendukung pendirian Institut Teknologi Kelautan Buton (ITK-Buton), dukungan penuh atas rencana pendirian Politeknik Industri di Morosi Kabupaten Konawe, dan hibah lahan kepada BLK Kendari seluas 4,584 hektare, untuk pendirian Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional Sultra.

Gubernur juga menjelaskan tentang kegiatan Sultra Cerdas non-fisik, berupa bantuan kepada siswa SMA, SMK, dan SLB yang tidak mampu sebesar 1 juta rupiah per siswa. Beasiswa pendidikan bagi siswa, mahasiswa Diploma, S1, S2, S3, dan profesi guru, serta pemberian insentif untuk Guru Tidak Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil (GTTBPNS) Rp 400.000 per orang setiap bulannya, dan pemberian bantuan kepada operator sekolah senilai Rp 800.000 per orang se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Melalui Program Sultra Cerdas ini, Gubernur juga melakukan upacaya penanggulangan, seperti penyediaan sarpras protokol area institusi pendidikan berupa air bersih, sarana cuti tangan sebanyak 1.000 tandon, pembagian sejuta masker dan hand sanitizer, untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atas izin orang tua siswa, serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi remaja yakni pelajar atau siswa serta guru SMA, SMK, maupun SLB.

Sebagai Informasi, selain Gubernur Ali, Kepala Daerah lain yang menerima penghargaan diantaranya Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Jambi, Gubernur Bali, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Timur, dan Gubernur Jawa Tengah. (Dw.foto.dok.Humas Sultra)

Related posts