Perayaan Hari Raya Idul Fitri

Datangnya momen Hari Raya Idul Fitri selalu disambut suka cita oleh umat muslim. Sebab hari raya ini memberikan arti penting tersendiri untuk masing-masing orang. Apalagi setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh, akan ada beberapa perubahan yang terjadi dalam diri umat muslim.

Menahan haus, lapar, amarah, dan segala hawa nafsu harus dilalui selama bulan Ramadhan. Dalam 30 hari itu, bisa menjadi momen untuk umat muslim dalam melakukan introspeksi diri. Merasakan beberapa kondisi yang di luar kebiasaan sehari-hari mungkin ngga selalu berjalan lancar.

Hari raya Idul Fitri merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa.

Idul Fitri juga mengandung makna kembali kepada kesucian. Kesucian batin dari dosa. Hal ini akan diraih oleh mereka yang telah menunaikan berbagai kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan dengan baik, dan diterima oleh Allah sebagai amal yang makbul dan mabrur.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Berdasarkan beberapa hadits Nabi SAW, amal-amal ibadah di bulan Ramadhan seperti shaumnya, sholat tarawih, bersedekah, dan lain-lain, semua mendapat jaminan ampunan. Sebagai informasi, tahun ini Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. (VIA)

Related posts