Peringati Hari Lahir Sastrawan Indonesia, Google Doodle Tampilkan Ilustrasi Sapardi Djoko Damono

Penulis : Hanafi | Editor : Haris | Foto : dok. Google

Jakarta,GPriority.co.id – Pada hari ini, Senin (20/3/2023), Google Doodle menampilkan ilustrasi Sapardi Djoko Damono sebagai peringatan ulang tahunnya yang ke-83.

Ilustrasi Sapardi di tampilan Google menunjukkan sosoknya yang bijaksana dengan pakaian kemeja serta blazer dan lengkap tambahan aksesoris kacamata serta topi yang merupakan ciri khasnya.

Sapardi merupakan sastrawan legenda Indonesia dengan berbagai macam karyanya yang luar biasa. Ia telah banyak melahirkan puisi dan sajak-sajak dari tulisannya.

Sosok Sapardi Djoko Damono

Pada tahun 1969, Sapardi merilis kumpulan puisi pertamanya yang berjudul “dukaMu abadi”. Buku puisi tersebut merupakan buah karya Sapardi tentang kemanusiaan.

Karena kesuksesan buku tersebut, Sapardi diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Susastra di Universitas Indonesia pada tahun 1995.

Sepanjang hidupnya, Sapardi telah banyak menerima penghargaan baik secara nasional maupun internasional.

Beberapa penghargaan yang didapatnya yaitu Cultural Award (1978), Anugerah Puisi Putra (1983), The SEA Write Award (1986), Anugerah Seni Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1990), Kalyana Kretya (1996), Achmad Bakrie Award (2003), Akademi Jakarta (2012), Habibie Award (2016), dan ASEAN Book Award (2018).

Hingga kepergiannya pada 20 Juli 2020 lalu, Sapardi meninggalkan karya-karya serta prestasi-prestasinya yang saat ini masih dikenang.