Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Aceh Besar Kumpulkan 58 Kantong Darah

Penulis : Zulfitra | Editor : Dimas A Putra | Foto : Humas Pemkab Aceh Besar

Aceh, Gpriority.co.id – Memperingati Hari Lingkungan Hidup, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, melakukan donor darah di Komplek Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar Drs. Sulaimi M.Si, mengatakan, donor darah tersebut dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup dan dilakukan selepas apel rutin Senin.

‚ÄúSelain dalam rangka lingkungan hidup, donor darah ini sudah menjadi program rutin Pemkab Aceh Besar, alhamdulillah terkumpul 58 kantong,” kata Sulaimi dalam keterangannya kepada GPriority ketika di konfirmasi, Senin (8/1).

Sulaimi mengajak seluruh Kepala OPD beserta ASN di lingkungan kerjanya untuk aktif melakukan aksi sosial donor darah, guna membantu masyarakat yang membutuhkan, baik mereka yang membutuhkan secara rutin, maupun kebutuhan insidentil akibat kecelekaan lalu lintas atau operasi yang mendadak lainnya.

“Ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, oleh karena itu Pemkab Aceh Besar mendukung seluruh OPD kembali melaksanakan aksi donor darah yang dipusatkan di kompleks Kantor Bupati Aceh Besar,” katanya.

Sulaimi menyampaikan Pemkab Aceh Besar akan rutin menggelar kegiatan ini dan sekaligus memberikan apresiasi kepada para kepala OPD, ASN Pemkab Aceh Besar, yang juga telah ikut serta menyukseskan kegiatan donor darah itu.

“Alhamdulillah hari ini para ASN Pemkab Aceh Besar kembali menyumbangkan darahnya, semoga setetes darah kita ini dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” ucapnya.

Lebih lanjut Sulaimi menyatakan, mendonor darah merupakan amalan yang sangat berfaedah dilakukan oleh setiap orang sehat di tengah langkanya stok darah untuk kebutuhan berbagai rumah sakit, baik yang ada di Aceh Besar maupun di Kota Banda Aceh.

Dikatakan Sulaimi, pendonor darah harian masih kalah jauh dengan jumlah kebutuhan darah setiap harinya dari sejumlah rumah sakit di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Padahal rata-rata pasien di sejumlah rumah sakit di wilayah tersebut berasal dari Aceh Besar.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya ASN dan warga Aceh Besar untuk berpartisipasi mendonorkan darah ke PMI, agar bisa disalurkan untuk para pasien dengan berbagai kebutuhan di setiap rumah sakit,” ungkapnya.

Sulaimi juga mengatakan sebelumnya secara khusus Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto telah melaporkan rencana kegiatan donor darah rutin Pemkab Aceh Besar tersebut ke pihak Kemendagri, dan telah mendapat apresiasi yang sangat positif. Mereka setuju jika rutinitas donasi darah ASN Aceh Besar itu juga didukung SE Bupati.

Terpisah, Asisten III Sekdakab Aceh Besar Jamaluddin, mengungkapkan dirinya sangat senang mengikuti kegiatan donor darah tersebut, karena aksi sosial ini mendapat dukungan dari Kepala OPD beserta para ASN.

Dijelaskan pula, aksi donor darah sudah sering dilaksanakan di Aceh Besar, dan hari ini melalui momen peringantan Hari Lingkungan Hidup, kembali dilakukan donor darah.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah berhasil memyumbangkan 58 kantong darah, walaupun tidak banyak, semoga setetes darah yang diberikan ini dapat mengembalikan kehidupan bagi insan yang memerlukannya,” ungkap Jamal.

Jamal mengatakan sesuai data di UTD PMI Banda Aceh, setiap harinya kebutuhan transfusi darah untuk rumah sakit di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar mencapai 200 hingga 250 kantong. Namun, jumlah pendonor harian hanya 100 orang.

Oleh karena itu, kegiatan donor darah yang digagas berbagai komponen masyarakat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan transfusi darah.