Potensi Wisata Kabupaten Tana Tidung

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak objek wisata untuk dikunjungi, baik wisata alam maupun wisata buatannya. Tidak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang datang untuk menikmati daya tarik wisata yang ada di Indonesia. Meski demikian, masih banyak daerah yang belum terekspos potensi wisatanya. Salah satunya adalah Kabupaten Tana Tidung.

Tana Tidung merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Utara. Tempat ini kaya akan destinasi alam yang mempesona. Beberapa potensi pariwisata telah dikembangkan, namun masih banyak yang masih harus digarap dengan serius.

Jika berkunjung ke Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, cobalah beberapa destinasi berikut ini. Cocok untuk tujuan refreshing, hunting foto, travelling dan lainnya.

Obyek Wisata Alam Gunung Rian
Objek wisata ini terletak di Desa Rian Kecamatan Sasayap. Gunung Rian merupakan salah satu Hutan Lindung yang luas dan memiliki batu putih serta air terjun yang tinggi dan jernih dengan tujuh tingkat. Objek Wisata Alam Gunung Rian, khususnya air terjun memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata. Bagi masyarakat di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Malinau. Hal ini dikarenakan letaknya diantara kedua kabupaten tersebut.

Obyek Wisata Batu Mapan
Objek wisata ini merupakan objek wisata yang unik. Menurut kepercayaan masyarakat Tana Tidung, disinilah tempat para sesepuh bersemedi untuk mendapatkan kanuragan dan kekuatan yang konon ceritanya para pangeran dan keturunannya mengadakan kegiatan supranatural. Lokasinya terletak di Km 6 Tideng Pale, Kabupaten Tana Tidung.

Obyek Wisata Persemaian Inhutani
Merupakan lokasi wisata yang letaknya tidak begitu jauh dengan ibukota Kabupaten Tana Tidung. Selama ini digunakan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat karena memiliki suasana yang sejuk dan nyaman dengan taman yang indah membawa kedamaian para pengunjungnya.

Obyek Wisata Hutan Lindung Sungai Sesayap
Melayari sepanjang sungai Sesayap dengan menggunakan perahu, kita dapat menikmati indahnya pemandangan dan pepohonan yang tumbuh subur disepanjang sungai. Terdapat Pohon Perengat yang merupakan tempat berlindung dan berteduh berbagai hewan yang dilindungi seperti Kera, Burung dan hewan lainnya. Selain itu, buah Perengat juga dapat digunakan untuk Asam. Kita juga disuguhkan oleh pemandangan para nelayan yang sedang menangkap ikan dan menjala Udang, karena daerah ini merupakan daerah penghasil Udang.

Obyek Wisata Goa Buong Baru
Bunker yang berlokasi di Buong Baru ini merupakan peninggalan Belanda. Letaknya di dalam hutan dan merupakan tempat persembunyian para penjajah puluhan tahun yang lalu. Bunker ini menjadi penanda, bukti bahwa Belanda pernah menjajah Indonesia. Bunker yang terletak di dalam hutan ini dapat dicapai dalam waktu satu jam perjalanan dari Tideng Pale.

Obyek Wisata Hutan Mangrove
Hutan Mangrove terletak di Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap. Obyek wisata ini sering menjadi tujuan dan pilihan wisatawan lokal untuk menghabiskan masa liburan. Selain dianggap murah meriah, pemandangan dan kenyamanan udara di hutan bakau ini cukup menarik perhatian dan menggoda untuk terus dikunjungi.

Hutan seluas kurang lebih dua hektar ini telah mengalami banyak perubahan. Banyak sarana dan prasarana penunjang disana telah dibenahi, termasuk jembatan ulin yang sebelumnya sudah ada beberapa papan yang berlubang. Tersedia pula gazebo untuk bersantai yang membuat pengunjung lebih betah menikmati pemandangan hutan bakau tersebut. Banyak infrastruktur yang akan dibangun di sekitar hutan mangrove. Di antaranya akan dibuat rumah makan terapung di sepanjang jalur lintasan wisata mangrove, penangkaran buaya, perpustakaan baca, dan kolam ikan koi. (VIA)

Related posts