UTA_YOH Dinyatakan Menang di Pilkada Fakfak 2020, Tim #Sadar Gugat Keputusan KPU ke MK


Fakfak,Gpriority-Berdasarkan hasil Rapat Pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak, Papua Barat pada 16 hingga 17 Desember 2020 di lapangan Koni Kabupaten Fakfak, diputuskan pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom berjargon UTA_YOH jadi pemenang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Tahun 2021-2024.

“ Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara dari 39.717 suara sah, pasangan UTA_YOH mendapat suara sebanyak 20.271, sedangkan pasangan Nomor 1 Samaun Dahlan – Clifford Hendrik Ndandarmana (#SADAR) mendapat 19.446 suara. Dengan keunggulan 825 suara, maka KPU Kabupaten Fakfak memutuskan UTA_YOH menjadi pemenang di Pilkada Fakfak 2020,” ucap Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP seperti dikutip dari primarakyat.com., Jum’at (18/12/2020).

Keputusan rapat pleno KPU Fakfak ditolak oleh pasangan #SADAR, dikarenakan terjadi dugaan pelanggaran yang tidak sesuai dengan amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang berlaku. “Pelanggaran tidak berdasarkan peraturan KPU yang berlaku dari penyelenggara KPPS, sampai dengan tingkat PPD bahkan pleno di tingkat KPU Kabupaten Fakfak. Terhadap pelanggaran itu kami akan mengajukan ke Mahkmah Konstitusi,” ujar Abu Thalib Iribaram salah satu juru bicara dari Partai Koalisi pemenangan #SADAR dalam keterangan persnya seperti dikutip dari situs yang sama.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis, mengatakan, semunya mempersilakan apabila ada paslon yang ingin mengajukan gugatan ke MK.

“Kepada KPU yang menyelenggarakan Pilkada 2020, saya sudah menyampaikan agar menyiapkan bukti apabila ada paslon yang merasa tidak puas dengan keputusan Pilkada 2020 dan mengajukan gugatannya ke MK. Tak hanya itu kami juga telah menyiapkan pengacara terbaik untuk beracara di MK,” tutup Paskalis.#(Hs)

Related posts