PPKM Level 4 dan 3 Jawa Bali Lanjut Hingga 16 Agustus


Dalam siaran persnya pada Senin siang (9/8/2021), Presiden Joko Widodo menilai bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang ke-1 di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan

“Berdasarkan laporan jumlah kasus harian Covid-19 di Jawa dan Bali sudah semakin menurun. Begitu pula dengan tingkat keterisian tempat tidur (bor) sudah semakin menurun. Untuk pasien yang sembuh juga semakin meningkat dan yang meninggal jumlahnya juga semakin menurun,”ucap Jokowi.

Meski dinilai sudah menurun, Jokowi belum mau mengatakan bahwa apakah PPKM diperpanjang lagi atau tidak.” Nanti malam ya, nanti akan diumukan oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan apakah perpanjangan yang ke-2 akan dilaksanakan atau tidak,” jelas Jokowi.

Tepat pukul 20.00 WIB, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran persnya secara virtual mengumumkan bahwa PPKM level 4 dan 3 di Jawa dan Bali kembali diperpanjang hingga 16 Agustus. Perpanjangan ini dimaksudkan agar pemerintah mengetahui apakah kondisi Covid-19 di Jawa dan Bali benar-benar sudah terkendali atau tidak.” Jangan sampai ketika tidak diperpanjang, Covid-19 di Jawa dan Bali malah jadi meningkat,” ucap Luhut.

Luhut dalam siaran pers juga mengatakan bahwa perpanjangan PPKM yang ke-1 dinilai telah membawa hasil yang sangat signifikan dengan semakin menurunnya kasus hingga 59%.

Luhut juga mengatakan bahwa di perpanjangan ini akan ada 26 kabupaten/kota di Jawa dan Bali yang akan turun level menjadi level 3, terkait daerahnya mana saja, Mendagri yang akan memberikan pengumumannya pada esok hari.

Dalam siaran pers tersebut, Luhut juga mengatakan bahwa mal di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang sudah bisa dibuka dengan jam operasionalnya dari Pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Mengenai masyarakat yang bisa masuk ke dalam mal, Luhut mengatakan bahwa yang sudah tervaksinasi saja.

Di akhir siaran pers, Luhut berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan. Dengan patuhnya masyarakat, maka perekonomian akan kembali lancar dan juga semakin maju.(Hs.Foto.dok.humas kemenkomarves)

Related posts