Presiden RI dan Iran Bahas Penanganan Corona dan Hubungan Bilateral

Jakarta,gpriority-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Iran Hasan Rouhani mengadakan pembicaraan via telepon, bahas mengenai penyebaran virus Corona di dunia dan kebijakan yang diambil kedua negara untuk melawan virus mematikan ini, Senin, 27/4/2020.

Kedua kepala negara tersebut seperti dilansir parstoday.com bertukar pandangan seputar kerja sama di bidang penanganan Covid-19, pertukaran pengalaman, dan pemenuhan kebutuhan timbal balik Iran-Indonesia.

“Republik Islam mencapai kesuksesan yang bagus di bidang ilmiah dan teknologi serta produksi berbagai kebutuhan seperti test kit, ventilator, CT-Scan, dan masker N95. Tehran siap melakukan kerja sama dengan Jakarta,” ujar Rouhani.

Rouhani menjelaskan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran bertentangan dengan hak asasi manusia yang fundamental.

“Sanksi ilegal ini berbahaya mengingat semua negara dunia sedang berjuang memerangi virus Corona,” tegas Rouhani.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan rasa gembira atas kesuksesan Iran dalam memerangi wabah Corona.

“Wabah Corona telah menciptakan situasi yang sulit bagi dunia dan dalam situasi sekarang, semua negara khususnya negara-negara Muslim harus saling membantu,” kata Jokowi.

Mengacu pada sejarah persahabatan kedua negara yang sudah lama terjalin, Rouhani dan Jokowi menyampaikan harapan agar pertemuan Komisi Bersama Kerjasama Bilateral ke-13, bisa mempercepat implementasi kesepakatan dan memperluas hubungan Tehran-Jakarta lebih dari sebelumnya.# (L)

Related posts