Program Jama-Pai Wujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang

Editor : Dimas A Putra | Foto : Kadis kominfo Metro

Metro, GPriority.co.id – Program Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (Jama-Pai) digadang-gadang bisa mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang) bagi masyarakat di Bumi Sai Wawai. 

Program Jama-Pai ini, bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan ibu dan anak, yang juga perlu dipahami oleh para kader dan masyarakat di 22 kelurahan yang ada di Kota Metro. 

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, Jama-Pai sangat  bersinergi, dengan kolaborasi dan integrasi dalam memberikan layanan kesehatan. 

“Tentu, ini nanti dilaksanakan secara komprehensif dengan tujuan agar semua kegiatan yang dilaksanakan di Kota Metro bisa terintegrasi dan berkolaborasi. Diantaranya, komponen-komponen yang ada di komunitas baik dari masyarakat, kader-kader kesehatan dan KB. Tentu, nanti juga dikawal langsung oleh PKK, Dasawisma, Akademisi, Pemerintah dan pelaku ekonomi yang terbagi dalam 7 pilar,” kata dia.  

Wahdi menambah, dalam siklus kehidupan 7 pilar dengan adanya kemandirian dan pemberdayaan masyarakat bisa mencegah stunting. 

“Dengan adanya kemandirian dan pemberdayaan masyarakat, sehingga stunting dapat dicegah. Dengan begitu, kita bisa mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang),” tambahnya. 

Menurutnya, melalui program Jama-Pai ini juga bisa dijadikan contoh di berbagai daerah di Indonesia. Dimana, sebuah program yang menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang. 

“Dari sisi sektor pembangunan kesehatan dan pembangunan manusia seutuhnya dimana diawali boleh peningkatan kesehatan ibu dan anak,” ungkapnya. 

Selain itu, Wahdi juga memiliki 5 misi yang menjadi komponen dalam promotif dan preventif di dalam program Jama-Pai. 

“Program Jama-Pai juga meliputi kualitas pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan global, sehingga bisa menjunjung tinggi nilai keagamaan. Kemudian, mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani dan sosial, itu bisa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bermartabat,” kata dia. 

“Selanjutnya, meningkatkan masyarakat produktif berdaya saing dalam bidang ekonomi kreatif dan wisata keluarga. Serta meningkatkan kesehatan dan kualitas infrastruktur fisik secara efektif, efesien berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,” ujarnya.

Lanjutnya, pada JAMA-PAI juga ada 7 pesan kunci untuk mencapai pembangunan kesehatan, seperti Pelayanan bagi calon pengantin, Pemeriksaan Kehamilan berkualitas dengan QPCQ, Kehamilan aman dan persalinan bersih aman, serta tatalaksana komplikasi edukasi melalui MEOWs (mW), Kesehatan ibu masa menyusui, Kesehatan bayi dan balita pencegahan dan intervensi stunting, Remaja kesehatan reproduksi dan KB, Germas STBM.