Pulau Sombori, Surga Tersembunyi di Morowali


Pulau Sombori, mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang belum tahu tempat dan keindahan salah satu pulau di Indonesia ini.

Oke, yang pertama Anda harus tahu Pulau Sombori adalah salah satu pulau yang terletak di desa Mbokita Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah. Pulau ini berada di perbatasan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Pulau yang dijuluki miniatur Raja Ampat ini memiliki pantai yang sangat jernih dengan air berwarna hijau kebiruan. Dikelilingi gugusan pulau hijau dan tebing karst yang indah. Kemudian terdapat gua stalagmite-stalagtit dan hidden lagoon yang bisa dicapai dengan trekking.

Pulau Sombori bisa dijangkau dengan menumpang pesawat terbang selama satu jam dari Bandara Mutiara Palu ke Bandara Maleo, Morowali. Dari sana disambung menumpang mobil ke Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali selama setengah jam. Setelah itu anda bisa menumpang kapal cepat (speedboat) selama sekitar dua jam ke Pulau. Jika wisatawan berasal dari kota Kendari dan sekitarnya lebih mudah diakses lewat Pelabuhan Molawe Konawe Utara sebagai titik start perjalanan.

Di pulau Sombori juga terdapat beberapa spot yang wajib dikunjungi mulai Mulai dari Pulau Kayangan 1 (Resort Sombori), Pulau Kayangan 2, Pulau Koko, Gua Berlian, Gua Allo, Rumah Nenek dan Air Kiri.

Jika start dari Pelabuhan Molawe bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan (tiba di Desa Mbokita) dengan menggunakan kapal laut (jolor). Sewa satu kali perjalanan (pulang pergi) dengan menggunakan jolor Rp 1.500.000 dengan kapasitas 25 orang.

Jika berangkatnya ikut open trip biasa mengeluarkan biaya Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per orang selama 2 hari satu malam dengan fasilitas makan dan minum, tenda dan transportasi laut sedangkan biaya tiket masuk pulau sebesar Rp 10.000 yang dibayar ketika tiba di Desa Mbokita dan perawatan pulau Koko Rp.5000 per orang ditanggung sendiri sementara untuk kamar mandi umum tarif air Rp.5000,-/5 liter.

Dari desa Mbokita ke resort Sombori ditempuh selama kurang lebih 18 menit perjalanan sedangkan dari resort Sombori ke Pulau Koko kurang lebih 17 menit. Pulau Koko biasa dijadikan sebagai tempat camp para pengunjung karena di pulau tersebut memiliki area yang sangat strategis dan cukup luas.

Berbagai tempat yang wajib dikunjungsi saat berada dipulau Sombori mulai dari, Gua Allo adalah jenis gua hidup yang didalamnya terdapat danau dengan air biru (payau) atau kolam renang yang berdiameter 30 meter dan memiliki ornamen-ornamen yang menambah keindahan di dalam gua tersebut.

Kemudian wisata Air Kiri, air yang rasanya tawar ini hanya bisa dijangkau dengan menggunakan tangan kiri dan terletak di dalam lubang batu karst di area tersebut. Air Kiri memiliki jembatan yang memiliki jembatan yang memudahkan jolor untuk bersandar dan terdapat pasir putih timbul yang berada di ujung jembatan dan terdapat tebing.

Jarak wisata Air Kiri dengan Rumah Nenek tidak begitu jauh dan akan dilewati ketika perjalanan pulang ke pulau Koko. Rumah Nenek ini dijadikan sebagai salah satu spot wisata yang akan dikunjungi ketika berada di pulau Sombori.

Rumah Nenek adalah satu-satunya rumah yang ada di salah satu pulau Sombori dan dihuni oleh seorang nenek yang biasa disapa Nenek Indong dan meninggal dunia Januari 2020 namun rumahnya masih ada sampai sekarang dan merupakan salah satu spot terbaik di pulau Sombori.

Sementara, Gua Berlian ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan laut, yang bisa ditempuh dengan 25 menit perjalanan. Gua Berlian sangat strategis tempatnya dan memiliki jembatan yang biasa dijadikan sebagai tempat start untuk para pengunjung yang ingin melakukan diving dan snorkeling ditempat tersebut. Keindahan terumbu karang di tambah dengan air laut yang bersih.

Dan terakhir pulau Kayangan di jadikan mascot utama Kepulauan Sombori yang terlihat sejuk dan damai. Di Pulau kayangan 1 (resort Sombori) terdapat mercusuar yang jaraknya 20 meter dari penginapan. Bagi pengunjung yang ingin menginap di resort, tarifnya kisaran Rp 600.000.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts