Resep Luti Gendang Khas Batam nan Gurih

Sudah pernah mencoba cemilan gurih dan lezat bernama Luti Gendang? Kalau belum, berarti kamu wajib untuk mencoba. Luti Gendang merupakan salah satu makanan khas Batam yang terkenal lezat. Makanan ini berbahan dasar tepung terigu sebagai adonan roti dan daging ayam serta berbagai macam bumbu gurih sebagai isian. Luti Gendang bisa dibuat dengan mudah di rumah .

Bahan-Bahan:
Bahan kulit:
300 gr tepung terigu
1 sdt ragi siap pakai
75 gr margarin, lelehkan
1/4 liter susu cair
1 butir telur ayam
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam

Bahan isi:
300 gr daging ayam, suwir-suwir kecil
5 buah cabe merah kriting, diulek halus
10 butir bawang merah, diulek halus
4 siung bawang putih, diulek halus
2 sendok makan gula merah
1 sendok makan air perasan asam
1 sendok makan garam
3 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat isi Luti Gendang :
Tumis cabai dan bawang yang sudah dihaluskan. Tumis hingga beraroma sedap.
Campurkan tumisan dengan bahan isi lainnya seperti gula merah, air perasan asam, garam, dan daging ayam yang sudah di suwir-suwir kecil. Aduk merata dan masak hingga matang dan kering. Angkat, sisihkan.

Cara membuat kulit Luti Gendang :
Tuang bahan-bahan seperti tepung terigu, susu cair, telur, gula pasir dan ragi instan ke dalam wadah adonan. Aduk rata dengan mixer.Tuang margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan dan aduk kembali dengan mixer hingga mengental dan kaku.Tuang adonan yang sudah selesai dibuat ke dalam mangkuk dan tutup bagian atasnya menggunakan plastik lengket (cling wrap). Diamkan sekitar 40 menit hingga mengembang. Uleni adonan yang sudah mengembang sampai menjadi agak lembek, lalu adonan dibagi 2 dan masing-masingnya dibentuk bulat kembali. Diamkan sampai mengembang sekitar 15 menit.

Adonan yang sudah mengembang kemudian dipipihkan dengan ukuran sesuai selera lalu diberi sisipan bahan isi yang telah dibuat. Rapatkan sehingga bagian isinya tidak terlihat. Lakukan hingga adonan dan bahan isinya habis.

Siapkan wadah dan taburi dengan tepung lalu simpan luti gendang pada wadah tersebut dan biarkan sekitar 15 menit.
Panaskan minyak dan goreng luti gendang hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan. Angkat dan sajikan. (VIA)

 

Related posts