Sagu Jadi Produk Unggulan Kepulauan Meranti


Sagu merupakan bahan makanan pokok masyarakat di Papua, Papua Barat dan Maluku. Selain daerah tersebut, sagu juga pada saat ini menjadi bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Kepulauan Meranti.

“ Banyak masyarakat di Kepulauan Meranti yang beralih ke sagu sebagai makanan pokok, dikarenakan sagu sangat bagus untuk tubuh di usia dewasa dan juga bagi mereka yang melakukan diet, karena rendah gula dan protein. Yang menjadi alasan lainnya adalah lebih mengenyangkan dibandingkan beras,” ucap Praptini salah satu pelaku usaha di Kepulauan Meranti yang mengikuti acara Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021.

Lebih lanjut dikatakan Praptini yang ditemui di stand Kepulauan Meranti pada Rabu (20/10/2021), sagu Meranti memiliki perbedaan dengan sagu lainnya yang ada di seluruh daerah di Indonesia, karena lebih bagus sebab diambil langsung dari lahan gambut.” Lahan gambut merupakan tempat yang sangat bagus untuk menanam sagu, dan berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki lahan gambut yang sangat luas, alhasil, Meranti menjadi penghasil sagu terbanyak di Kepulauan Riau,” ucap Praptini.

Selain menonjolkan sagu, Kabupaten Kepulauan Meranti berdasarkan penglihatan Gpriority juga menonjolkan produk lainnya salah satunya adalah Mie sagu dan beberapa produk lainnya.

Praptini yakin dengan diperkenalkannya sagu dan produk lainnya bisa mengangkat UMKM di daerahnya untuk go nasional.(Hs.Foto.Hs)

Related posts