Sandiaga Uno Dorong Pemkab Gresik Gali Potensi Parekraf

Jakarta,Gpriority-Kabupaten Gresik memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang cukup mumpuni.Sayangnya dua sektor tersebut belum terlalu digali.Untuk itulah saat memberikan sambutan dalam acara webinar “Bincang Tokoh Nasional: Pemulihan Ekonomi Nasional dan Menggali Ekonomi dan Wisata Gresik”, Selasa (30/3/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah serta masyarakat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menggali potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif unggulan daerah.

“Dalam kaitannya dengan pariwisata, Kabupaten Gresik harus bisa menggali dan memanfaatkan potensi atau karakter daerahnya sehingga bisa mengembangkan segmen wisata yang sesuai dengan kearifan lokal,” ujarnya.

Menparekraf juga mendorong pengembangan desa wisata, yang merupakan bagian dari pilar terpenting dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Karena, pihaknya tidak ingin pariwisata ini menjadi eksklusif, melainkan inklusif.

“Desa wisata ke depan akan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi, desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional sehingga dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Salah satunya melalui penguatan atraksi berbasis narasi (storynomic tourism) sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,” ujarnya.

Terkait dengan ekonomi kreatif, Sandiaga berpesan agar pelaku ekonomi kreatif yang bergerak pada usaha kuliner dan usaha lainnya agar diberikan pelatihan menggunakan teknologi digital sehingga perekonomian mereka menjadi bertambah meningkat.” Di masa pandemi ini, teknologi digital menjadi sebuah keharusan untuk penjualan produk. Jadi tolong dimanfaatkan,” tutup Sandiaga Uno.(Hs)

 

 

Related posts