Setiap Bulan 10 Juta Pengendara di Jakarta Langgar Peraturan Lalu Lintas

Jakarta, GPriority.co.id – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol (Dirlantas Polda Metro Jaya), Latif Usman, menyatakan jika setiap bulannya, sebanyak 10 juta pengemudi di Jakarta dan sekitarnya, melanggar peraturan lalu lintas.

Para pengemudi yang melanggar peraturan lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya ini, terjaring lewat alat tilang elektronik (ETLE), tiap bulannya.

Namun, Latif tidak merinci secara spesifik terkait jenis kendaraan yang terlibat. Dia menyebutkan, jumlah tersebut berasal dari ratusan kamera pemantau yang tersebar di Jakarta.

Lebih lanjut, Latif menyebutkan jika pelanggaran yang paling banyak terjadi ada pada kalangan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, disusul oleh pelanggaran peraturan lalu lintas ganjil genap, dan pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Perlu diketahui, penggunaan Kamera ETLE untuk tilang elektronik saat ini, dapat memantau lalu lintas secara otomatis. Alat ini dilengkapi dengan sensor dan algoritma canggih untuk mendeteksi berbagai pelanggaran lalu lintas.

Bahkan di tahun 2022, pihak kepolisian mengklaim jika Kamera ETLE lebih efektif dibandingkan tilang manual. Namun nyatanya, di tahun 2023 tilang manual kembali berlaku, karena kabarnya penerapan ETLE seringkali dapat diakali.

Foto : Ilustrasi / SEVA