Sikap PDIP di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Megawati: Selalu Diputus di Kongres!

Jakarta, GPriority.co.id – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menegaskan posisi politik PDIP terhadap pemerintahan selalu diputuskan di dalam kongres partai, bukan di dalam rapat kerja nasional (rakernas).

Hal ini disampaikan Megawati saat pidato penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5).

“Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang merupakan sebuah hal yang bersifat strategis; dan selama ini selalu diputuskan di dalam kongres partai,” ujar Megawati dikutip Antara.

Megawati mengatakan, rakyat sudah memahami karakter PDIP sebagai pejuang demokrasi. Menurutnya, hal ini ditandai oleh simbol Rakernas PDIP kali ini, yakni api perjuangan yang selalu menyala nan tak kunjung padam.

Disamping itu, Megawati juga mengatakan bahwa dengan karakter dan historis PDIP, maka sikap politik partai berlambang banteng moncong putih itu didasarkan pada pemikiran yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat, dan berdiri di atas kaki sendiri.

“Itulah landasan pilihan sikap, sikap, sikap politik kita. Makanya, kalau enggak ada yang ikut, enggak disiplin, dan tahu toh, ibu mau ngapain? Nah,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden Kelima RI itu juga sempat menyinggung bahwa sikap politik PDIP untuk berada di luar atau di dalam pemerintahan merupakan keputusan yang dinantikan oleh pers.

Namun, Megawati enggan memberi tahu sikap politik PDIP tersebut. “Tadi pagi saya baca Kompas, akan menentukan sikap bla-bla-bla, ha-ha. Aku sambil sarapan, gitu ‘kan, aku bilang, ha-ha, enak saja. Gue mainin dulu, dong,” kata Megawati berkelakar.

Adapun rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP, mengamanatkan Megawati selaku ketua umum partai menentukan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Rakernas V PDIP memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan, untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah,” tutur Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP.

Foto: PDIP