Suga BTS Menjadi Anggota Ketiga yang Memulai Wajib Militer di Korea Selatan

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Instagram/agustd

Jakarta, Gpriority.co.id— Menyusul tur solo debutnya tahun ini, Suga yang merupakan penyanyi Rap dan penulis lagu, telah menjadi anggota ketiga BTS yang memulai wajib militer (wamil) di Korea Selatan.

Melalui pernyataan oleh Big Hit Music, yang dikutip dari CNA, Suga telah memulai proses pendaftaran militer.

“Kami ingin memberi tahu penggemar kami bahwa Suga telah memulai proses pendaftaran militer dengan mengajukan penghentian penundaan pendaftaraannya,” ungkap Big Hit Music.

“Kami meminta cinta dan dukungan kalian untuk Suga sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali dengan selamat. Perusahaan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam memberikan dukungan untuk artis kami,” lanjut pernyataannya.

D Korea Selatan, semua pria yang berusia 18 sampai 28 tahun diwajibkan militer melalui undang-undangnya selama 18-12 bulan. Wajib militer ini dimaksudkan guna mencegah agresi dari saingan Korea Utara.

Undang-Undang wajib militer ini dikhususkan kepada atlet, pemusik klasik dan tradisional, balet, dan penari lainnya jika telah memperoleh hadiah utama dalam kompetisi tertentu serta meningkatkan pamor nasional. Bintang K-pop tidak tunduk pada hak istimewa tersebut.

Namun pada tahun 2020, BTS menunda layanan mereka hingga usia 30 tahun setelah Majelis Nasional Korea Selatan merevisi UU Layanan Militer yang mengizinkan Bintang K-pop untuk menunda pendaftaran hingga usia 30 tahun.

Tentu terjadi perdebatan publik yang sempat memanas pada tahun 2022, terkait apakah akan menawarkan wajib militer untuk anggota BTS atau sebaliknya.

Namun, agensi manajemen grup mengumumkan pada bulan Oktober tahun lalu bahwa ketujuh anggota member BTS akan memenuhi tugas wajib militer mereka.