Susur 4 Wisata Sukabumi

Penulis : Dimas A Putra | Editor : Lina F | Foto : Dimas A Putra

Jakarta, GPriority.co.id – Pada Edisi kali ini, Tim GPriority berkesempatan menyusur ke beberapa objek wisata yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Perjalanan dimulai pada spot wisata yang mungkin jarang terdengar, hingga ke lokasi yang paling banyak dikunjungi. Berikut ulasannya.

1.Air Panas Cibuni

Penyusuran yang pertama, terletak di Kampung Cipanas, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Sukabumi. Lokasi Air Panas Cibuni ini berada tepat di samping Jembatan Cibuni, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur. Untuk dapat kelokasi, dapat dijangkau dengan berjalan kaki kurang lebih 100 meter ke lokasi air panas, setelah memarkirkan kendaraan.

Dalam pantauan GPriority, penataan wisata Air ini terlihat sudah baik dengan penunjuk lokasi dan beberapa imbauan agar tak membuang sampah sembarangan. Namun, perlu juga ditambahkan, papan peringatan atau pembatas dengan Sungai Cibuni yang dirasa cukup dekat.

Adapun, walau tak dipungut biaya, kamu bisa memberikan biaya retribusi (sukarela) ke dalam kotak yang telah disediakan oleh warga, hal ini digunakan sebagai biaya perawatan lokasi wisata.

2.Pantai Keusik UrugĀ 

Kedua, Pantai Keusik Urug. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Berada di Kecamatan Tegal Buleud, jika di ukur dari Kota Sukabumi kurang lebih ditempuh dalam waktu 5 hingga 6 jam, Cukup jauh memang.

Namun, rasa penat dijalan akan terbayar ketika menjajaki Pantai ini. Kamu akan disambut dengan hamparan ombak yang menjorok langsung ke Samudera. Beberapa aktivitas bisa kamu lakukan dipantai ini, seperti berenang, memancing atau sekedar menikmati hindangan laut dengan pemandangan lautan lepas.

Mengenai pra sarana di lokasi, terpantau cukup baik seperti terdapat toilet umum yang dikelola oleh warga serta lokasi parkir yang tertata rapi.

3. Curug Caweni

Setelah dirasa cukup dengan Air laut, kami beralih ke penyusuran ketiga yakni Curug Caweni. Lokasinya berada di Desa Cilutung, Kecamatan Cidolog.

Sayangnya, ketika kami tiba di lokasi tampak air curug yang menyusut karena musim kemarau. Jika dilihat beberapa artikel, Curug ini terlihat indah dengan derasnya air yang menabrak diantara tebing batu.

Untuk kamu yang ingin berkunjung kesini cukup mudah, kamu bisa berjalan kaki menyusuri tebingan batu alami kurang lebih 7 menit. Fasilitas yang terdapat di Curug ini juga sudah cukup baik, seperti toilet serta terdapat warung

4. Danau Situ Gunung

Lokasi penyusuran terakhir adalah Danau Situ Gunung. Jika melihat peta danau ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ( TNGGP) tepatnya di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

Memang lokasi yang terakhir ini cukup dikenal oleh kebanyakan orang, khususnya warga Sukabumi. Lokasinya juga terbilang dekat dengan pusat kota Sukabumi, hanya menempuh waktu 1 jam kurang lebih hingga sampai ke sana.

Tampak danau yang berada di ketinggian 850 mdpl ini, menawarkan pemandangan luar biasa dengan background hamparan pegunungan gagah Gede dan Pangrango.

Selain pemandangan, kamu pun akan ditawarkan beberapa aktifitas menarik seperti menyusuri jembatan Situ Gunung lalu berkemah hingga menaiki flying fox dengan jarak yang cukup menantang yakni 733 meter.

Demikian penyusuran GPriority kali ini, semoga bermanfaat.