Tampil di Inacraft 2024, Kabupaten Jeneponto Pamer 3 Produk Unggulan

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) memamerkan sejumlah produk unggulan dalam gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024. Sebanyak, 3 produk unggulan dipamerkan dalam gelaran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) ini.

“Bersama tim dari Provinsi Sulawesi Selatan, kita menampilkan 3 produk, yang pertama, kain tope dan turunannya, yang kedua anyaman, yang ketiga pembuatan pinisi,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Manrancai Sally saat di temui GPriority, Kamis (28/2) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Manrancai turut memperlihatkan inovasi yang telah dilakukan pihaknya, yakni Kain Tope untuk diperkenalkan kepada seluruh pengunjung Inacraft.

Dia mengaku, sebelumnya kain Tope digunakan untuk kain mayat. Berkat tangan dingin pengerajin, kata dia Kain Tope disulap menjadi mahakarya yang bernilai tinggi.

“Ini unik ya, kain Tope kita berinovasi dimana itu dulu kain tope digunakan untuk kain mayat sebenarnya, kalo orang meninggal. Jadi kami ubah dari mistik menjadi majistik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk harga, ia menyebut, harga bervariasi, mulai dari 1 juta sampai 2 juta lebih.

“Sampai 700an dan kita juga bawa kain syal, yang belum kita olah menjadi baju,” sebutnya.

Lebih lanjut, Manrancai berharap melalui pameran ini, Kabupaten Jeneponto dapat lebih dikenal karena memiliki ragam kerajinan yang tak kalah dari daerah lain.

“Yang kita tampilkan ini, kita bisa bekerja sama dengan beberapa provinsi maupun negara, alhamdulillah dari sini undangan ataupun pengunjungnya itu banyak dari luar negeri,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara digelar untuk ke-24 kalinya pada tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran ini dibuka untuk umum dari pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB dengan tiket masuk sebesar IDR 25K dapat dibeli melalui pre-registrasi dan tiket box langsung pada pameran.

Foto: Risma