Target Nongsa Digital Park Tingkatkan Kontribusi Ekonomi Batam

Batam, Gpriority.co.id-Semakin melandainya Covid-19 disikapi dengan baik oleh Pemerintah Pusat dengan kembali meningkatkan perekonomian yang sempat terpuruk.

Salah satu sektor yang bisa mempercepat ekonomi adalah pariwisata. Untuk itulah Kemenparekraf meminta agar tempat wisata termasuk Nongsa Digital Park yang terletak di Kota Batam untuk segera kembali dioperasikan.

Hal ini dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai melakukan kunjungan ke Nongsa Digital Park yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa.Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada Selasa, (31/5/2022), Sandiaga berkeliling dan melihat fasilitas yang ada di Nongsa Digital Park.

Sandiaga mengatakan keberadaan Nongsa Digital Park diharapkan dapat mendongkrak kontribusi sektor ekonomi kreatif dalam Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. “Ini adalah bagian dari ekonomi kreatif yang menyumbang lebih dari Rp 100 triliun terhadap PDB indonesia,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif nasional nomor tiga terbesar di dunia. Di mana peringkat pertama diduduki oleh Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan di peringkat kedua dengan K-Pop.

“KEK Nongsa ini membawahi sejumlah sektor ekonomi kreatif seperti film, animasi, aplikasi digital, dan game development. Kami mendorong (pengembangan ekonomi kreatif) melalui konsep 3G, Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi lapangan usaha baik secara online virtual maupun off-line) untuk menghadirkan kebangkitan ekonomi, sinergi, serta terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” katanya.

Dalam kunjungan ini, Sandiaga didampingi oleh Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Turut hadir pula Wali Kota Batam, Muhammad Rudi; Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, serta Group HR Director Citramas Group & Director Infinite Learning Nara Dewa dan CEO Infinite Studios Mike Wiluan.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)

Related posts