Tidak Selamanya Makan Ikan Tubuh Lebih Sehat, Cek Faktanya

Ikan merupakan makanan kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun tahukah anda, ternyata tidak semua ikan baik untuk dikonsumsi dan tidak disarankan karena rata-rata habitat mereka terkontaminasi oleh limbah manusia, seperti ikan yang berasal dari perairan Eropa dan Amerika.

Sementara itu untuk ikan yang hidup di Indonesia tergolong aman untuk dikonsumsi karena perairan di Indonesia masih tergolong baik. Berikut ini beberapa ikan yang tidak baik untuk dikonsumsi.

1. Ikan Lele Impor

Ikan lele impor bisa tumbuh dengan ukuran yang besar, biasanya peternak lele akan memberikan makanan dengan hormone tertentu. Lele di pasaran juga rat-rata tumbuh dengan tidak wajar. Meskipun begitu lele yang hidup di alam bebas punya kandungan gizi yang baik.

2. Makarel

Ikan ini cukup berbahaya karena mengadung zat merkuri. Makarel di Samudra Atlantik dianggap paling banyak mengandung merkuri. Jadi disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan makarel terlalu banyak.

3. Tuna

Sama halnya dengan ikan makarel, Ikan ini juga baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung merkuri, terutama tuna sirip hitam dan sirip biru.

4. Nila

Nila mengandung konsentrasi lemak yang berbahaya, menurut penelitian lemak berbahaya tersebut setinggi dengan kandungan lemak pada babi. Terlalu banyak mengonsumsinya akan menambah kadar kolesterol dan tubuh menjadi sensitif pada alergi.

5. Belut

Belut juga mengandung banyak lemak, dan juga tergolong ikan berbahaya karena sekarang ini belut hidup dengan menyerap limbah industry pertanian. Apalagi belut yang berada di Amerika dinyatakan punya racun yang tinggi. Di Eropa juga demikian dianggap berbahaya karena tercemar zat merkuri. (Dw.foto.dok.Ist)

Related posts