Tikungan Jepit Rambut Solusi Jalan di Medan Curam

Saat berada di pegunungan, pastinya Anda pernah melewati tikungan yang sangat tajam. Dan rasanya sangat mendebarkan dada.

Tikungan tajam yang ada di pegunungan itu namanya tikungan jepit rambut. Menurut laman media sosial Kementerian PUPR tikungan jepit rambut adalah tikungan di jalan dengan sudut lancip, sehingga kendaraan yang tengah melaju ditikungan tersebut harus membelokkan rodanya sekitar 180 derajat  untuk melanjutkan perjalanan.

Masih di laman yang sama, dinamai tikungan jepit rambut dikarenakan bentuknya yang sangat mirip dengan jepit rambut logam yang bengkok.

Lantas kenapa sih tikungan ini dibangun? Menurut medsos PUPR, tikungan jepit rambut dibangun untuk memudahkan pengendara untuk mendaki dan menuruni pegunungan.Tikungan jepit rambut sering dibangun pada rute menanjak atau menuruni lereng yang curam dan sering disusun dalam pola zig-zag.  Tikungan dengan model ini juga umumnya lebih murah untuk dibangun dan dirawat daripada jalan raya dengan terowongan.

Selain untuk jalan di daerah pegunungan, tikungan jepit rambut ini juga dibangun pada sirkuit balap lho. Tujuannya untuk mempermudah pembalap melakukan zigzag. (Hs.Foto.PUPR)

Related posts