Tingkatkan Wisman di Sleman, PUPR Bangun Jembatan Kretek 2

Kabupaten Sleman dan Bantul dikenal sebagai surganya wisata. Hal ini bisa terlihat dari jalur wisata yang membentang sepanjang 1.604 km ini. Di jalur tersebut Anda dapat menyaksikan deretan pantai-pantai yang memesona.

Untuk meningkatkan konektivitasnya dan juga meningkatkan jumlah kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara, Kementerian PUPR tengah membangun Jembatan Kretek 2 yang lokasinya berada di daerah Bantul dan Sleman DIY.

Jembatan sepanjang 2 km ini membentang di atas Sungai Opak dan menghubungkan Desa Tirtohargo dan Desa Parangtritis. Saat ini, pembangunan telah mencapai 63% dan ditargetkan rampung pada awal 2023.

Konstruksi jembatan menggunakan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB). Teknologi LRB digunakan  untuk meredam gempa mengingat jembatan berada di wilayah rawan gempa. Dilakukan pula soil replacement sedalam 3 meter untuk mengantisipasi likuifaksi. Selain itu, juga digunakan dinding penahan tanah yang distabilisasi secara mekanis (mechanically stabilized earth wall) untuk daerah timbunan.(Hs.Foto.Humas PUPR)

Related posts