Cara Mudah Menangani Anyang-Anyangan


Anyang-anyangan adalah gangguan pada saluran kemih, yang menimbulkan nyeri atau perih saat sedang buang air kecil atau setelahnya.

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala berupa anyang-anyangan, seperti infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia. 

Anyang-anyangan dapat diringankan dengan cara yang sederhana di rumah, diantaranya:

1. Jangan menahan buang air kecil. Jika ditahan, bakteri akan lebih mudah berkembang biak dan keluhan anyang-anyangan semakin memburuk.

2. Perbanyak minum air putih, diianjurkan minum 8 gelas sehari. Banyak mengonsumsi air putih juga membuat lebih banyak buang air kecil.

3. Mengompres area perut bagian bawah dengan handuk hangat. Lakukan selama 15 menit, sebanyak 3-4 kali sehari. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, pemanis buatan, memiliki rasa asam, makanan pedas, minuman beralkohol dan soda.

5. Gunakan pakaian longgar dan nyaman, berbahan katun yang efektif menyerap keringat. Hindari menggunakan celana ketat, karena bakteri tumbuh subur di area lembap dan hangat. Kenakan pakaian longgar berbahan katun yang efektif menyerap keringat.

6. Konsumsi cranberry sebagai pengobatan alami. Cranberry mengandung zat Proanthocyanidin yang mencegah bakteri penyebab infeksi menempel pada dinding saluran kemih. Cranberry dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, dan bisa juga dikonsumsi berupa ekstrak cranberry yang dapat ditemukan di toko. (Dw.foto.dok.Ist)

Related posts