Tips dan Trik Jualan Online

Tips dan trik jualan online merupakan tema yang diangkat dalam Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 13 September 2021 di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Program kali ini dipandu Septy Wulandari selaku moderator dengan menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Mohammad Khomeiny selaku Senior Manager Public Policy & Government Relations Gojek; A Syahruni Aryanti SP selaku Praktisi Pertanian dan Pemilik AFAea Agrotis; Rosmini Hamid selaku Digital Marketer dan Pendiri @zonanyamancafe; dan Muhammad Yusuf Darmawan selaku Pemengaruh dan Pembuat Konten. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi diselenggarakan dengan menargetkan 57.550 peserta.

Pemateri pertama adalah A Syahruni Aryanti dengan tema “Strategi Digital Marketing Petani dan Nelayan di Pandemi COVID-19”. Menurutnya, terdapat beberapa kendala utama dalam pemasangan produk pangan salah satunya adalah panjangnya jalur pemasaran. Hal ini berdampak terhadap biaya pengangkutan dan risiko rusaknya bahan pangan dalam proses pengiriman.

Selanjutnya, Muhammad Yusuf Darmawan membawakan tema “Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Online”. Dalam sesinya, Yusuf menjelaskan bahwa bersikap ramah, membalas semua pertanyaan, dan menyapa dengan sopan merupakan beberapa contoh dari etika yang harus diperhatikan oleh penjual dalam melakukan transaksi penjualan di dunia digital.

Rosmini Hamid selaku pemateri ketiga membawakan tema “Tips dan Trik Berjualan Online: Ubah Konsumtif jadi Produktif”. Ia memaparkan rumus pengeluaran yang dapat digunakan agar menghindari gaya hidup konsumtif yaitu 40% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk pembayaran cicilan, 20% untuk investasi, dan 10% sisanya dapat digunakan untuk hiburan.

Sesi pemberian materi diakhiri Mohammad Khomeiny dengan tema “Aman saat Belanja Online”. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh konsumen ketika bertransaksi menurut Khomeiny adalah usahakan untuk bertransaksi dengan gawai milik sendiri serta mengaktifkan notifikasi SMS/surel sehingga terdapat proses klarifikasi dua arah.

Moderator melanjutkan acara dengan sesi tanya jawab yang ditanggapi secara antusias oleh para peserta. Terdapat hadiah berupa uang elektronik senilai Rp 100.000 yang diberikan oleh panitia terhadap 10 penanya yang beruntung.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Salah satu pertanyaan menarik datang dari peserta bernama Hendra yang menanyakan apa hal pertama yang harus dikembangkan agar pelanggan senang dan nyaman dalam berbelanja di toko digital milik kita. Menurut Yusuf, penggunaan bahasa yang sopan dan ramah merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(Hs.Foto.dok.Dyandra)

 

Related posts