Tips Memasak Telur Tanpa Merusak Kandungan Protein

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering dijadikan sebagai alternatif untuk dimasak. Sederhananya hanya perlu digoreng, direbus, atau dikukus.

Selain itu, banyak manfaat yang terkandung didalam telur, salah satunya yaitu telur kaya akan protein. Namun jangan salah, cara memasak yanh kurang tepat dapat merusak atau mengurangi kadar protein dalam telur.

dr Zaidul Akbar membagikan tips cara yang baik untuk memasak telur tanpa mengurangi protein, di akun instagram pribadinya @zaidulakbar, Rabu (25/08/2021).

Menurut dr Zaidul Akbar denaturasi protein atau kerusakan protein dapat terjadi pada pemanasan suhu tertentu. Banyak sumber menyebutkan dikisaran suhu 80/90 derajat sudah mulai terjadi kerusakan protein.

“Namun kerusakan itu tidaklah sepenuhnya menyebabkan protein rusak dan tidak bermanfaat sama sekali saat di konsumsi, namun ketika telur misalnya di goreng, dengan suhu panas , disampinng ada kerusakan tadi , pemanasan pada telur dengan menggunakan minyak goreng tentunya menyebabkan proses oksidasi ke minyak dan juga ke telurnya,” tulisnya.

Jadi tips yang diberikan agar tidak berminyak dan tidak terlalu banyak berkurang protein yaitu dengan menyiapkan centong alumunium, kemudian oleskan dengan minyak.

Pecahkan telur dan tuang kedalam centong, kemudian taruh diatas air yang mendidih. Tunggu telur hingga sedikit padat, setelah itu tuangkan telur kedalam air mendidih agar matang sempurna.

Dengan menggunakan cara tersebut, selain mengurangi minyak goreng juga dapat mengurasi oksidasi ke tubuh. (Dwi.foto.dok. ig@zaidulakbar)

Related posts