Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Sangihe,Gpriority-Jum’at (18/01),Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Keuangan(Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Kunjungan kerja itu ditujukan untuk melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah. Kedua menteri Kabinet Kerja itu akan datang ke  KPPN Tahuna, KPP Tahuna dan Terminal Station Palapa Ring Tengah di Sangihe Sulawesi Utara.

Dalam kunjungan ke Kantor KPP Tahuna, Menteri Kominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani akan memantau dan mencoba akses internet yang sudah terhubung dengan jaringan serat optik Palapa Ring Tengah. Akses point of presence (PoP) Palapa Ring Tengah yang terhubung dengan jaringan PT Telkom itu digunakan untuk mendukung layanan perpajakan secara online. 

Menteri Rudiantara dan Menteri Sri Mulyani juga akan melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beserta jajaran dokter ahli di Jakarta. Menteri Kominfo dan Menkeu akan didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dan masyarakat sekitar. 

Video conference ini merupakan inisiasi kerjasama konsultasi kesehatan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Di Kabupaten Kepulauan Sangihe, BAKTI Kominfo telah membagun 1 tower telekomunikasi seluler jaringan 4G dan 6 tower 2G. Sat ini BAKTI Kominfo tengah mempersiapkan proses migrasi ke 4G. 

Selain itu juga, BAKTI telah menyediakan akses internet di 51 lokasi, yaitu satu Puskesmas, tiga kantor desa, satu lokasi layanan publik dan 46 sekolah yang siap terkoneksi dengan jaringan Palapa Ring Tengah.(Hs)

 

Related posts

Leave a Comment