Unjuk Bakat dan Kreativitas Lewat GoFest 2022

Jakarta, GPriority.co.id – Balikpapan Creative Festival (GoFest) tahun 2022 merupakan event unggulan Pemerintah Kota Balikpapan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari jadi Kota Balikpapan ke-125.

Penyelenggaraan festival kreasi seni budaya ini mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf, yakni dengan memasukan GoFest ke dalam kalendar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Hal ini dimaksudkan agar para seniman, creator, dan pelaku industri kreatif agar dapat terus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Balikpapan dengan kolaborasi yang dilakukan.

Terlebih, saat ini perekonomian Balikpapan masih terdampak Pandemi Covid-19, sehingga Balikpapan GoFest 2022 diharapkan mampu menjadi salah satu upaya dalam menghidupkan kembali industri kreatif di Balikpapan pasca pandemi.

Bertempat di Balikpapan Sport and Covention Center (BSCC) Dome, Balikpapan Creative Festival berhasil menampilkan beragam pertunjukan, mulai dari hiburan musik, fashion show, kuliner, dan hasil olahan dari para UMKM yang ada di Kota Balikpapan.

Terdaftar, ada 68 tenant dari berbagai UMKM binaan Dekranasda maupun Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan ditambah 10 lokal apparel brand yang berpartisipasi dalam GoFest 2022.

Selain itu, GoFest 2022 ini juga menampilkan musisi-musisi lokal berbakat, di antaranya adalah Narapati Senja, The Sperms, Infact, Rockafiller, Edelweiss, Better Think of Somethings, Justicia, P9RI Band, Behind da Board, Hot Lava, Make Your Time Howl, dan Borneo Navy.

Penyelenggaraan GoFest tahun ini memang terbilang singkat jika dibandingkan tahun–tahun sebelumnya, yakni hanya 5 hari. Namun perubahan ini sama sekali tidak mengurangi keseruan dan antusiasme masyarakat.

Hal ini terlihat dari berlangsungnya acara pada malam puncak GoFest 2022, dimana atmosfir festival berubah menjadi konser. Pengunjung yang menyaksikan penampilan band-band lokal di atas panggung ikut beryanyi dan bergoyang bersama.

Kegiatan Balikpapan Creative Fest 2022 juga tidak berhenti sampai disitu. Di waktu yang terpisah, rangkaian acara GoFest 2022 dilanjutkan dengan kegiatan karnaval yang berlangsung pada tanggal 12 Juni kemarin. Bahkan rencananya masih akan berlanjut dengan menggelar Film Festival pada 26 Juni mendatang.

Sebelumnya, event ini juga pernah terslenggara pada tahun 2020 dan 2021, dimana pada tahun 2020 GoFest berlangsung selama 11 hari dan menampilkan pertunjukkan tari dan musik, pameran kostum dan karnaval fashion, festival kuliner, festival pesisir atau Coastal Sunset Tale, pertunjukkan orkestra dan cerita rakyat hingga festival film. .

Sementara pada GoFest 2021, festival diselenggarakan dengan konsep Goes to Nature dengan tema Borneo Forest Heritage dan menyajikan program khusus seperti, Sport Tourism, Music to Nature, Eco Tourism, Borneo Herbal (Jamu Festival), dan Back to Forest. (Vn.Foto.Istimewa)

Related posts