Viral Jajanan Citul di Jawa Timur Ternyata Gunakan Tulang Ayam Bekas dari Tong Sampah!

Jakarta, GPriority.co.id – Viral jajanan citul (aci tulang) di Jawa Timur, terungkap menggunakan tulang ayam bekas yang diambil dari tong sampah. Jajanan ini biasa juga dikenal dengan drum stick.

Dilansir dari akun Instagram @humaspoldajatim, baru-baru ini sebuah video viral beredar tentang produksi jajanan citul. Dalam video tersebut, dijelaskan oleh seorang penjual citul, bukan hanya menggunakan tulang ayam bekas, tetapi juga tulang tersebut diambil dari tong sampah, dibersihkan, dikeringkan, lalu diolah menjadi bahan pelengkap pembuatan citul.

“Ini tulang bekas dari mungut dan bikin begini? (jajanan citul),” tanya seseorang dalam video tersebut. “Iya. Nggak keliatan mah mas kalau udah digoreng. Namanya citul, kalau nama kerennya drum stick,” jawab sang penjual citul.

Meski sempat disindir oleh pihak Humas Polda Jatim, namun nampaknya penjual citul tak mementingkan kesehatan pembelinya, dan hanya ingin meraup pundi-pundi uang untuk dirinya sendiri.

“Lihat nih ada cabai bekas orang. Kenapa dipilihin?,” ujar penanya.

“Cari yang bersih,” jawab singkat penjual citul tersebut. “Emang ada yang bersih? Saya juga dikasih males bu, bekas mulut orang ini kan bu,” kata orang dalam video tersebut.

Perlu diketahui, jajanan citul merupakan makanan yang cukup digemari oleh anak-anak tapi sangat berbahaya, karena tulang yang dikonsumsi berpotensi besar terkontaminasi dengan bakteri dari tempat sampah.

“Maka dari itu kami mengimbau, untuk selalu cek makanan apa saja yang akan dikonsumsi. Cek kebersihan tempat jualan juga penting. Selagi bisa dibuat dirumah, lebih baik buat saja dirumah karena terjamin kebersihannya dan aman untuk dikonsumsi,” imbau Humas Polri Jatim.

Foto: Ilustrasi/ YouTube (Lezatkitchen)