Yuk…Tingkatkan Imunitas dengan Yoga

Selain lari dan bersepeda, Yoga juga menjadi olahraga yang paling diminati di masa Pandemi Covid-19, karena dipercaya bisa meningkatkan imunitas di dalam tubuh.

“ Rutinitas sehari-hari yang sangat padat membuat kita gampang menjadi stres.Stres bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, melemahkan kekebalan tubuh dan gampang terserang penyakit. Apalagi di musim hujan, saat cuaca berubah-ubah membuat tubuh mudah terserang flu. Dengan melakukan gerakan yoga secara rutin, kekebalan tubuh bisa kembali meningkat sehingga tidak lagi mudah terserang penyakit,” ucap Instruktur Yoga, Rosidahnia dikutip dari fabfit.co.id.

Lebih lanjut dikatakan Rosidahnia, untuk meningkatkan imunitas ada 7 gerakan yoga yang bisa Anda coba.

1.Tadasana

Tadasana merupakan gerakan dasar yoga yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan, mengontrol sistem pencernaan, meningkatkan pernapasan, memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan. Untuk itulah gerakan ini bisa rutin dilakukan sebelum Anda mengkonsumsi makanan di pagi hari. “Saya menyarankan agar melakukan gerakan ini selama 10-20 detik,” tutur Rosidahnia.

2.Vrikshasana

Vrikshasana atau sering disebut pose pohon wajib Anda lakukan setiap hari karena mampu membuat kestabilan, keseimbangan, meningkatkan stamina, rasa percaya diri, kemampuan mental, membuat tetap stabil, menyegarkan, merenggangkan dan melemaskan sistem saraf.

Mengenai waktu yang tepat melakukan Vrikshasana, Rosidahnia mengatakan pagi hari saat perut kosong.

3. Padahastasana

Padahastasana juga dikenal sebagai uttanasana, merupakan gerakan yoga asana berdiri membungkuk. Untuk melakukan pose ini, berdirilah di tadasana dan tarik nafas panjang. Mulai menekuk tubuh saat menghembuskan nafas, dengan cara melipat tubuh di bagian pinggang dan letakkan tangan di lantai di samping kaki yang posisinya sejajar antara satu dengan yang lain. Dorong tubuh ke depan saat memperpanjang peregangan, kemudian angkat tulang ekor. Tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan secara perlahan.

Padahastasana ini disebut sebagai peregangan yang paling kuat. Jenis asana ini mampu membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan meningkatkan aliran darah segar yang penuh oksigen dan nutrisi ke kepala. Hal ini menimbulkan efek rasa segar dan meremajakan. Pose ini juga mampu menstimulasi kerja ginjal, hati, serta sistem pencernaan. Melakukan pose ini secara rutin dapat menimbulkan peregangan yang baik di bagian punggung. Secara keseluruhan, padahastasana ini dapat menenangkan pikiran dan mengurangi sakit kepala serta insomnia.

4.Trikonasana

Trikonasana atau pose segitiga memiliki manfaat memperbaiki aliran darah di dalam tubuh, menyembuhkan gangguan pencernaan, mengurangi tekanan darah, meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan.

Untuk melakukan gerakan ini, Anda diwajibkan untuk membuka mata setelah itu berdiri tegak dan melebarkan kaki hingga 3-4 kaki. Pastikan kaki kanan berada di luar pada 90 derajat dan kaki kiri ditempatkan di 15 derajat. Sejajarkan pusat tumit kanan dengan pusat lengkungan kaki kiri. Tarik napas dalam-dalam, dan saat Anda mengeluarkan napas, tekuk tubuh ke kanan dari bawah pinggul, pastikan pinggang lurus. Angkat tangan kiri dan biarkan tangan kanan menyentuh tanah. Pastikan kedua lengan membentuk garis lurus.Renggangkanlah tangan kanan khususnya bagian tulang kering atau pergelangan kaki. Di manapun Anda menempatkan tangan, pastikan tidak merusak posisi pinggang. Segera periksa lengan kiri agar direntangkan ke atas dan sejajar dengan bagian atas bahu. Biarkan kepala dalam posisi netral atau putar ke kiri dengan pandangan di telapak tangan kiri.

Saat melakukan gerakan ini usahakan perut masih dalam keadaan kosong dan dilakukan pada pagi hari.

5. Bhujangasana

Pose yang menyerupai kepala kobra yang terangkat bisa dilakukan pada pagi hari selama 15 sampai 30 menit dengan perut yang kosong.

Bhujangasana bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan,mengatur metabolisme,menurunkan berat badan,menghilangkan stres,meningkatkan fleksibilitas,mood, membantu fungsi ginjal dan kelelahan.

6.Utkatasana

Gerakan ini mirip dengan pose duduk di kursi. Hanya yang membedakannya, di dalam gerakan ini tidak ada kursinya. Untuk melakukan gerakan ini,Rosidahnia menyarankan pada pagi hari dengan perut yang kosong.” Gerakan ini bisa dilakukan selama 15 hingga 30 menit dalam setiap harinya,” tutur Rosidahnia.

7.Matsyasana

Matsyasana merupakan gerakan yoga yang menyerupai ikan. Fungsi dari gerakan yoga yang satu ini bisa membuat tubuh menyerap nutrisi lebih baik, mengurangi ketegangan bahu dan leher serta membantu Anda bernapas dengan benar. Cara ini juga bisa memberikan pijatan yang baik kepada organ pencernaan, menjaga kegelisahan, sembelit dan kelelahan pada tengkuk.(Hs.Foto.dok.GP)

Related posts