2.310 Sapi dan Kambing Disiapkan untuk Idul Adha di Tarakan

GPRIORITY, TARAKAN- Sebanyak 2.310 sapi dan kambing disiapkan untuk Idul Adha di Kota Tarakan.

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan (Disnaktangan) Tarakan memastikan kebutuhan sapi dan kambing untuk kurban sudah lebih dari cukup.

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, diperkirakan jumlah hewan kurban tahun ini juga lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Kepala Disnaktangan Tarakan, Elang Buana mengatakan, bila ada kenaikan harga ternak di pasaran, hal itu disebabkan peternak biasa mendapatkan keuntungan hanya di momen tertentu, salah satunya Idul Adha dan Idul Fitri.

“Biasanya yang dihitung itu berdasarkan jumlah orang. Misalnya, tujuh orang bisa mengorbankan tujuh sapi. Jadi, kalau diusahakan Rp.3 juta per orang, harga sapi bisa Rp21 juta,” kata Elang Buana, Kamis (15/7/2021).

Namun kata Elang, di Tarakan, harga sapi mulai Rp15 juta hingga Rp50 juta, tergantung ukuran dan jenis sapi yang ditawarkan.

Ada sapi Bali, sapi Donggala, sapi peranakan hingga sapi turunan limosin.

“Kebutuhan ternak tahun ini diperkirakan untuk yang dipotong di Idul Adha sekitar 1.105 sapi dan 602 kambing,” ucapnya.

Belum lama ini, ada sebanyak 229 ekor sapi dan 67 kambing yang didatangkan dari Sulawesi Selatan menggunakan kapal tol laut Cemara 5.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gorontalo dengan mensuplai kebutuhan sapi dan kambing ke Tarakan.

“Itu ternak yang terakhir datang jelang Idul Adha. Jadi, ketersediaan sapi dan kambing yang ada di Tarakan sampai saat ini 1.456 ekor sapi dan 854 ekor kambing yang sudah diperiksa kesehatannya dan tersedia di Tarakan,” ungkapnya.

“Dari sapi dan kambing yang ada di Tarakan itu, ada yang beratnya mencapai satu ton, namun sudah dikirimkan ke Nunukan. Sapi tersebut dibeli Presiden, untuk bantuan yang dikirimkan ke Nunukan. Tahun lalu, bantuan sapi kurban untuk provinsi dari Presiden diterima warga Tarakan, namun tahun ini bergilir dan diberikan ke masyarakat Nunukan,” terangnya. (FBI)

Related posts