2024 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur 1 Rampung

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian PUPR memulai pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I yang ditandai dengan penandatangan perjanjian kredit antara PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur dengan Bank Mandiri pada Jumat (1/4/2022). Proyek dengan nilai total investasi sistem hulu sebesar Rp1,7 triliun, diprakarsai oleh Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. PT Tirta Gemah Ripah

Investasi PT. Wika Tirta Jaya Jatiluhur akan digunakan untuk membiayai pembangunan intake air baku dengan kapasitas 5.000 liter/detik, pengadaan dan pemasangan pipa transmisi air baku sepanjang 700 meter dan pipa transmisi air minum curah sepanjang 37,84 kilometer, pembangunan IPA Bekasi 4.400 liter/detik dan reservoir kapasitas 16.000 meter kubik, pembangunan IPA Cibeet sebesar 350 liter/detik dan reservoir kapasitas 2.500 meter kubik, stasiun pompa, instalasi penyaringan lumpur/sludge dewatering, dan sistem SCADA untuk operasi dan pemantauan.

Di lansir pada laman resmi pu.go.id, Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I merupakan upaya Pemerintah untuk memperbaiki kondisi lingkungan (environmental improvement) Jakarta dengan cara mengurangi penggunaan air tanah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah di Ibu Kota Jakarta.

Proyek SPAM Regional Jatiluhur I berkapasitas 4.750 liter/detik ditargetkan rampung pada Juni 2024 mendatang, target penyelesaian proyek ini diharapkan dapat segera mensuplai kebutuhan air minum bagi sekitar 1,9 juta jiwa warga Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Menteri Basuki menyebut SPAM Regional Jatiluhur I merupakan proyek KPBU pertama “pioneer” bidang air minum yang merupakan SPAM regional lintas provinsi dan melibatkan kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kota/Kabupaten. (noz.dokpu.go.id)

Related posts