29 JUNI, TPU KEMIRI JAKTIM CATAT REKOR PEMAKAMAN COVID-19

Pemakaman jenazah pasien covid-19 di Jakarta terus meningkat dalam kurun waktu satu pekan terakhir. Di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemiri Rawamangun, Jakarta Timur, tercatat jumlah jenazah yang dimakamkan pada Selasa (29/6/2021) sebanyak 24 orang, dengan 8 orang meninggal dinyatakan positif Covid-19.

“Peningkatan terjadi setelah Ulang tahun Jakarta 22 Juni 2021 kemarin, dan di tanggal 29 juni tercatat pemakaman tertinggi di bulan ini,” ujar Neneng, petugas lapangan TPU Kemiri saat di konfirmasi, Rabu (30/6).

Ia menambahkan untuk pasien yang dinyatakan meninggal karena Covid-19 sudah bisa di makamkan di TPU Kemiri Rawamangun. Meskipun tidak di kubur di pemakaman khusus Covid-19, jenazah Covid-19 tetap harus melalui pemakaman dengan protokol Covid-19.

“Untuk pemakaman khusus (korban) Covid-19, kami menyiapkan liang lahat dengan ukuran 2,5 x 1,5 Meter, karena ketersediaan lahan pemakaman khusus Covid-19 yang sudah penuh kami juga memberikan alternatif sistem tumpang makam,” kata Neneng.

Sistem tumpang makam yang dimaksud yakni dengan menumpangkan jenazah Covid-19 ke makam jenazah anggota keluarga atau orang yang dikenal. Sistem tumpang hanya bisa dilakukan atas persetujuan atu izin dari pihak keluarga. Pemakaman tumpang dapat dilakukan sesudah jenazah lama di makamkan paling singkat 3 (tiga) tahun.(Sof.Foto.Sof)

Related posts