Airlangga Hartarto: Meningkatkan Ekspor Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Jakarta,Gpriority-Selama dua hari (12-13 Maret 2019) Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Indonesia Trade Forum (ITF) 2019 di Shangrila Hotel.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Airlangga mengatakan, sektor industri Indonesia terus tumbuh maju. Untuk itulah ada beberapa industri yang wajib di ekspor seperti furniture, kimia farmasi, sepatu,tekstil dan karet.

Di sektor industri logam, mesin, alat transportasi, baja dan elektronik, serta kendaraan bermotor juga harus terus ditingkatkan ekspornya, sebab dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan grafik meningkat dalam bidang ekspor.

Airlangga juga mengatakan, dalam era revolusi industri digital, Indonesia memerlukan 17 juta tenaga kerja yang ahli dibidangnya. Dengan demikian bisa menghasilkan produk bagus dan bermutu tinggi.

Terkait dengan IA CEPA yang sudah dilakukan Kemendag dengan Pemerintah Australia, Airlangga menyambut baik. Sebab banyak sekali perjanjian-perjanjian yang bisa menguntungkan kedua belah pihak serta meningkatkan perekonomian Indonesia. karena salah satu isi di dalam perjanjiannya adalah menghilangkan 100 persen tarif Australia. Dan, 94 persen tarif Indonesia mulai dihapuskan secara bertahap.

Menperin juga menjelaskan tentang Jenis-jenis kendaraan bermotor elektrik yang akan dikembangkan di Indonesia seperti bis rute tetap, kendaraan komuter jarak dekat, kendaraan penumpang dan lain sebagainya. Menperin berharap kendaraan elektrik ini nantinya akan menjadi primadona di Indonesia.

Terkait dengan bio diesel, Airlangga mengatakan standarnya sudah sama dengan avtur. Untuk itulah Pemerintah Indonesia akan menyiapkan kilang-kilang untuk memproduksi bio diesel. (Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment