Banyak Surga Terbentang di Perbatasan Indonesia

Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Riau menawarkan banyak tempat wisata yang menarik mulai dari pantai sampai pegunungan ada di Provinsi Riau.

Pantai Sepahat, Bengkalis, Riau

Bengkalis, salah satu kabupaten terkaya di Provinsi Riau memiliki banyak tempat destinasi wisata, salah satunya adalah Pantai Sepahat. Pantai yang berhadapan langsung dengan selat Malaka ini dapat ditempuh selama satu jam dari Sungai Pakning. Pantai yang indah ini biasanya digunakan sebagai tempat foto pernikahan dan juga tempat fotografer memotret keindahan alam. Selain itu, pasir di Pantai Sepahat ini juga cukup unik, yakni berwarna hitam, berbeda dengan pasir pantai pada umumnya yang berwarna putih.

Ombak Bono, Pelalawan, Riau

Menjadi salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Ombak Bono sering digunakan sebagai tempat berselancar terlama dunia. Terletak di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, keindahan dan kedahsyatan ombak Bono di hilir Sungai Kampar ini dapat mencapai ketinggian lima meter. Bono Surfing juga menjadi ajang yang dinanti peselancar mancanegara maupun domestik yang ingin menjajal ombak Bono. Padahal, dahulunya fenomena Ombak Bono sangat ditakuti dan dikenal sebagai tujuh hantu berupa ombak tujuh lapis.

Masjid Raya Natuna, Natuna, Kepulauan Riau

Masjid yang menjadi ikon Kepulauan Natuna ini dapat menampung 5500 jemaah dengan total luas secara keseluruhan 5.500 m2. Dikenal sebagai Taj Mahal- nya Indonesia, Masjid Raya Natuna terletak di ibukota Natuna, Ranai, Provinsi Kepulauan Riau. Julukan tersebut bukan tanpa sebab, karena terdapat sungai yang mengapit dua jalan lebar menuju ke dalam masjid mirip dengan design Taj Mahal India. Selain bangunannya yang megah dan luas, pemandangan Masjid Raya Natuna juga memesona karena keindahan Gunung Ranai dapat terlihat tepat di belakang Masjid Raya Natuna. Wisata religi terbesar dan termegah di Natuna ini dapat ditempuh selama 10 dari bandara Raden Sadjad, Ranai.

Pulau Berhala, Serdang Bedagai, Sumatera Utara
Pulau kecil dan terluar yang tidak jauh dari ibu kota Medan, Provinsi Sumatera Utara ini menawarkan keindahan pantai dan keberagaman jenis ikan serta terumbu karang bawah lautnya. Setidaknya 22 spesies terumbu karang, 11 jenis ikan karang serta biota laut lainnya akan ditemukan jika melakukan penyelaman di Pulau Berhadala yang memiliki kedalaman 4 hingga 25 meter dibawah permukaan laut. Terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Pulau Berhala berada di selat malaka perbatasan utara Indonesia atau selatan Malaysia. Pulau yang berluaskan 2,5 hektar ini tidak ada penduduk yang menetap kecuali TNI yang sedang bertugas. Dipulai ini juga terdapat penangkaran dan budi daya penyu yang dikelola oleh dinas kelautan dan perikanan Serdang Bedagai.

Goa Kristal, Kupang, NTT

Air yang bergradasi warna biru muda dan tua dapat terlihat dari mulut Goa Kristal. Kolam air tersembunyi ini terletak di balik celah bebatuan karst goa terbentang dari utara hingga selatan dengan ukuran 10 m x 3 m dengan kedalaman lebih dari 8 meter. Goa Kristal berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata alam ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan kendaraan roda dua dari arah barat Kota Kupang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Kristal adalah pukul 11.00 waktu setempat di musim kemarau. Karena jika mengunjungi pada musim hujan debit air akan meningkat dan minim pencahayaan matahari yang menyinari kolam.

Gunung Api Bawah Laut Kawio, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Gunung berapi bawah laut yang secara tidak sengaja ditemukan melalui sebuah penelitian oceanografi pada tahun 2010 ini terletak di dalam Laut Sangihe. Gunung Kawio barat sendiri mempunyai ketinggian sekitar 3,200 meter yang puncaknya berada di sekitar 1.900 meter di bawah laut. Terlihat pemandangan asap yang mengeluarkan panas (hidrothermal) dari dalam gunung.

Selain itu, biota laut yang hidup cukup unik karena tumbuh subur di kedalaman laut bersuhu 200° C. Dan Gunung Api bawah Laut Kawio ini merupakan salah satu spot wisata underwater volcano yang dapat diselami dan tidak terlalu berbahaya. (Mila)

Related posts