Bolehkah Balita Minum Soda?

Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang populer, baik di kalangan remaja maupun dewasa dan sangat mudah ditemukan. Di sisi lain, minuman bersoda menjadi salah satu kegalauan para Ibu yang memiliki anak balita.

Dilansir dari laman madeformums,com, kebanyakan orangtua memperbolehkan anaknya minum soda ketika usia 8 tahun. Namun, bagaimana kata ahli? Menurut ahli nutrisi anak, Sarah Almond Bushell, soda sebaiknya dijauhkan dari anak selama mungkin. Orang dewasa juga lebih baik tidak meminumnya.

Soda tidak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, sedangkan kandungan kalori dan gulanya yang tinggi ditambah kalori dan gula yang terkandung pada makanannya, anak akan menerima kalori dan gula yang berlebih. Inilah yang menjadi masalah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa soda dapat merusak gigi anak-anak. Menurut American Academy of Pediatrics yang dilansir dari laman webmd.com, kandungan gula yang tinggi pada soda dapat menimbulkan resiko karises gigi.

Menurut Dr. Robert P. Heaney yang dilansir dari laman nytimes.com, peminum soda mungkin beresiko lebih besar memiliki tulang yang lemah. Hal ini dapat terjadi jika soda telah menggantikan minuman lain yang mengandung kalsium.

Sementara itu, dilansir dari laman babycenter.com, memberikan soda untuk anak-anak juga dapat menimbulkan resiko sakit perut. Karbonasi pada soda berasal dari gas, hal ini dapat menyebabkan kelebihan ludah, sendawa, dan sakit perut pada anak. (VIA)

Related posts