Mengenal 4 Desa Konstitusi

Guna meningkatkan kesadaran konstitusi warga negara Indonesia, Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan beberapa desa sebagai wilayah konstitusi.

Dilansir dari laman medsos resmi MK beberapa waktu yang lalu ada 4 desa yang telah disahkan oleh MK sebagai desa konstitusi. Adapun desa yang dimaksud.

1.Desa Galesong
Desa yang terletak di Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan dikukuhkan sebagai Desa Konstitusi pada tahun 2012 tepatnya di tanggal 1 Maret. Adapun pejabat MK yang mengukuhkan adalah Mahfud MD yang pada saat ini masih mengepalai MK.

2.Kampung Wasur
Provinsi Papua memiliki satu desa konstitusi. Nama desa yang dimaksud adalah Kampung Wasur yang terletak di Kabupaten Merauke.

Menurut laman medsos MK, Kampung Wasur yang terletak di Kabupaten Merauke dikukuhkan sebagai Desa Konstitusi pada 7 Maret 2013 oleh Mahfud MD, Ketua MK Periode 2008-2013.

3.Desa Bangbang
Desa Bangbang yang terletak di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali turut ditetapkan sebagai Desa Konstitusi oleh MK. Adapun pejabat MK yang menetapkan Bangbang sebagai Desa Konstitusi adalah Ketua MK pada saat ini Anwar Usman. Anwar menetapkan Bangbang sebagai Desa Konstitusi pada 28 November 2018.

4.Nagari Pasia Laweh
28 Agustus 2021, Ketua MK Anwar Usman kembali menetapkan satu Desa Konstitusi. Desa yang dimaksud adalah Nagari Pasia Laweh yang terletak di Kabupaten Agam, Provinsi Aceh.

Tak hanya desa tersebut, MK dalam waktu dekat seperti diberitakan laman medsosnya juga akan menetapkan beberapa desa konstitusi. (Hs.Foto.Humas MK)

Related posts