DANA DESA DIUBAH JADI BANSOS

Jakarta,gpriority-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Kementerian Keuangan akan mengubah dana desa menjadi bansos bagi masyarakat desa yang terdampak Corona.

Kebijakan ini, tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 40/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa. Dana yang akan digunakan untuk BLT ini, nantinya akan bersumber dari dana desa yang digunakan untuk mengurangi dampak ekonomi akibat wabah virus Corona di daerah pedesaan.

Terkait dengan kriteria calon keluarga yang berhak menerima BLT desa, Sri Mulyani mengatakan pemerintah yang akan mengaturnya.Dan besaran BLT Desa yang akan diberikan, adalah sebesar Rp 600.000/keluarga per bulan selama 3 bulan.

” Yang pasti mereka yang berhak untuk mendapatkan bantuan ini keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan. Selain itu, harus dipastikan bahwa calon penerima bansos ini tidak termasuk ke dalam penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Kartu Prakerja,” ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut dikatakan Sri,calon penerima BLT desa yang akan di data akan melihat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos) .(Hs)

Related posts