Dari Yogya untuk Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Yogyakarta,Gpriority-Akibat meningkatnya Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali termasuk Provinsi DI Yogyakarta, Pemerintah Indonesia menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 Juli 2021 yang dilanjutkan dengan PPKM Level 4.

Hal ini tentu saja membuat para pelaku usaha di Provinsi DI Yogyakarta menutup tempat wisata yang mereka kelola. Alhasil selama pemberlakuan PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 mereka tidak memperoleh pemasukan. Hal ini tentu saja membuat para pelaku usaha  pariwisata Yogyakarta yang tergabung dalam #koncopenak menggelar pawai keliling Yogyakarta dengan tema “ Dari Yogya untuk Kebangkitan Pariwisata Indonesia”.

Salah seorang pelaku pariwisata Yogyakarta,Rafiq yang diwawancarai via WhatsApp pada Rabu Sore (28/7/2021) menjelaskan bahwa selain untuk mengkampanyekan kebangkitan pariwisata Indonesia di era Pandemi Covid-19 melalui parade, pawai sendiri dimaksudkan untuk  memanaskan mesin mobil elf dan bus yang  biasa dipergunakan untuk mengantar wisatawan keliling Yogyakarta.

Parade mobil elf dan bus yang mengkampanyekan kebangkitan pariwisata Indonesia sendiri mendapat dukungan dari Satgas Covid-19 Provinsi D.I Yogyakarta, Biwara Yuswantana. Menurut Birawa dalam siaran persnya di laman Satgas Covid-19, parade yang dilakukan oleh #koncopenak merupakan bentuk apresiasi dari mereka untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia termasuk Yogyakarta yang kembali terdampak akibat peningkatan Covid-19 dan PPKM darurat serta PPKM Level 4.

Birawa sendiri menjelaskan hingga saat ini belum bisa menginformasikan kapan pariwisata di Yogyakarta akan kembali dibuka, meski grafik kasus Covid-19 di Provinsi  yang dikenal sebagai kota pelajar itu terus menurun.” Kami masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat dan juga Gubernur Yogyakarta terkait pembukaan pariwisata. Kami sendiri salut dengan aksi teman-teman pariwisata di Yogyakarta yang menggelar parade elf di 27 Juli 2021 lalu. Semoga aspirasi yang mereka sampaikan bisa segera terwujud dalam waktu dekat ini,” tutup Birawa.(Hs.Foto.dok.Konco penak)

Related posts