Desa Wisata Belitar Seberang, Surganya Wisata Petualangan di Bengkulu

Jakarta, GPriority.co.id – Desa Wisata Belitar Seberang yang terletak Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu baru saja menerima penghargaan 50 besar Anugerah Desa Wisata Terbaik (ADWI) 2022.

Secara administratif desa ini terdiri dari tiga dusun, yakni Dusun Sawentar, Simping dan Dusun Penataran dengan jumlah penduduk mencapai 1.010 jiwa. Mata pencaharian penduduk setempat mayoritas mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dari lahan sendiri. 

Desa Belitar Seberang menawarkan wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya yang unik, serta ditunjang dengan fasilitas lengkap. Objek wisata utamanya berupa air terjun bernama air terjun Tri Muara Karang. Air terjun ini sangat unik dan jarang ditemui di tempat lain, yakni memilik air dengan suhu air dingin dan air panas yang langsung keluar dari mata air.

Bukan hanya itu, di sekitar air terjun Tri Muara Karang juga mengalir empat air terjun lain dengan ketinggian sekitar 40 meter hingga 86 meter, serta goa atau sarang walet dan juga goa kelelawar. Pengunjung bisa memikmati tiga wisata alam sekaligus dalam satu tempat. Untuk menikmati keunikan wisata alam ini, pengunjung cukup membayar Rp 20.000.

Selain air terjun Tria Muara Karang, terdapat air terjun Pemandian Dewa yang letaknya berada di sekitar area desa. Air terjun ini bisa di lalui dengan jalan kaki yang berjarak 200 meter dari desa Belitar Seberang.

Kemudian, pengunjung bisa mencoba wisata ekstrim canyoning dari ketinggian 80 meter. Canyoning adalah wisata yang memadukan variasi teknik scrambling, rappelling, abseling, river hiking, cliff jumping dan swimming dalam aktifitas penelusuran sungai, air terjun dan goa.  Meskipun terbilang cukup esktrim, namun pengunjung tidak perlu khawatir. Karena untuk melakukan canyoning, pengunjung terlebih dahulu akan diberi pengaman dan diawasi langsung oleh ahlinya.

Karena letaknya yang berada di area hutan, Desa ini menyediakan camping ground atau disebut forrest grump, dengan begitu wisatawan dapat menginap dan berkemah di area air terjun Tri Muara Karang sambil menikmati suasana yang asri dan pemandangan air terjun yang indah.

Adapun fasilitas yang disedikan pengelolah cukup lengkap, yaitu tenda doom kapasitas 4 sampai 6 orang, matras, sleeping bag, gratis menikmati pemandian air panas, dan gratis menikmati air terjun Tri Muara Sakti.

Selain objek wisata di atas, Desa Belitar Seberang juga memiliki wisata edukasi pengolahan nira. Di sana, pengunjung bisa belajar mengolah air nira mulai dari penyadapan sampai menjadi gula merah. Ada juga wisata budaya kuda lumping serta yang tidak boleh terlewat, wisata kuliner memakan balendu atau ulat pohon. Makanan ekstrim ini bisa dinikmati  hidup-hidup atau dimasak terlebih dahulu dalam bentuk lauk yang sudah digoreng.

Desa Wisata Belitar Seberang dapat dijangkau via Jalan Lintas Curup-Linggau yang hanya butuh 2 jam 30 menit perjalanan darat dari Kota Bengkulu. (Vn)

Related posts