DPRD Kaltara Gelar Bimtek Peningkatan Peran dan Fungsi Pimpinan serta Anggota DPRD Sebagai Lembaga Legislatif

Jakarta,Gpriority-DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) selama empat hari (20-23 maret) menggelar bimbingan teknis (bimtek) di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.
Bimtek yang diikuti 35 peserta yang berasal dari anggota DPRD Kaltara mengangkat tema “”Peningkatan Peran dan Fungsi Pimpinan dan Anggota DPRD Sebagai Lembaga Legislatif”. Tema ini sengaja diangkat dengan tujuan mampu memberikan wawasan,pengetahuan dan pengalaman bagi anggota DPRD Kaltara dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai anggota DPRD.

Sesuai dengan tema, maka dihadirkan pula para pembicara yang ahli dibidangnya. Seperti Dr.Hari Nur Cahya Murni dan Janiruddin SH.MSi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menjadi pembicara pada kamis (21/3).

Dr.Hari Nur Cahaya yang menjadi pembicara sesi satu mengatakan dirinya memilih topik “Pengelolaan belanja hibah dan bantuan sosial sesuai permendagri nomor 123 tahun 2018” dengan tujuan agar DPRD Kaltara lebih memahami lagi mengenai belanja hibah dan bantuan sosial yang tertuang dari permendagri nomor 123 tahun 2018.
Untuk itulah di dalam paparannya, lebih banyak dituangkan mengenai belanja hibah dan bantuan sosial.

Sementara Janiruddin, SH.MSi lebih menitikberatkan kepada pembentukan produk hukum daerah.

Dalam sesi tersebut, Janiruddin membahas tentang pembentukan produk hukum daerah, produk hukum daerah, perencanaan, Propemperda dilingkungan pemda dan pembahasan lainnya.

Dua pemateri ini seperti disampaikan Wakil Ketua DPRD Kaltara Abdul Djalil Fatah yang ditemui seusai acara sangatlah bagus karena mampu memberikan penjelasan secara gamblang mengenai pengelolaan belanja hibah dan bantuan sosial sesuai permendagri nomor 123 tahun 2018 dan pembentukan produk hukum daerah.(Hs.Foto:Las)

Related posts

Leave a Comment