Dukung Percepatan Smart City, Pemprov Kaltara Sediakan VSAT untuk Daerah Blank Spot

Bali, GPriority.co.id – Turut hadir dalam acara ‘Forum Smart City 2024’, Hj. Sitti Asidah, Sekretaris DKISP Prov. Kaltara, menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan perkembangan penerapan smart city di provinsi-nya.

Saat ini, diakui oleh Sitti, di Provinsi Kalimantan Utara masih dilakukan sosialisasi dalam rangka pengenalan smart city ke kabupaten/kota, serta masih dilakukan penyusunan master plan smart city oleh kabupaten/kota di Kaltara.

“Untuk mendukung percepatan smartcity di kabupaten/kota di Kalimantan Utara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menyediakan wifi gratis yang tersedia di fasilitas umum dan ruang terbuka hijau yang tersebar di kabupaten/kota, serta menyediakan VSAT untuk daerah-daerah yang masih kesulitan jaringan (blank spot),” tulis Sitti saat dimintai keterangan melalui whatsapp, pada Rabu (26/6) lalu.

Adapun, pihak Kominfo Kaltara juga mendapatkan saran dari asesor terkait master plan smart city.

“Saran dari assessment adalah segera melakukan koordinasi dan sosialisasi ke kabupaten/kota untuk membuat master plan smart city. Karena syarat untuk menjadi peserta smart province menurut Dirjen Aptika salah satunya ada 80 persen kabupaten/kota yang sudah memiliki master plan smart city, sehingga provinsi Kalimantan Utara belum dapat mengikuti program smart province,” terang Sitti lebih lanjut.

Langkah selanjutnya, Pemprov Kaltara akan melakukan sosialisasi dan mendorong kabupaten/kota untuk segera membuat master plan smart city.

Adapun, kehadiran IKN diakui Sitti ternyata sampai saat ini belum berpengaruh terhadap perkembangan smart city di Provinsi Kalimantan Utara.

Foto : Kominfo Prov. Kaltara