Efek Pandemi Covid-19, Omzet Pedagang Pasar Glodok Menurun Drastis

Jelang Hari Raya Imlek yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021 mendatang, kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat sudah dipenuhi dengan aneka pernak-pernik Imlek. Banyak toko yang menyediakan berbagai perlengkapan Imlek, seperti lampion, angpao, kue keranjang, hiasan dinding, pakaian khas Imlek, dan lainnya.

Sudah menjadi tradisi, setiap tahunnya Kawasan Pecinan Glodok selalu ramai pembeli jika menjelang Hari Raya Imlek. Namun tidak dengan tahun ini. Banyak pedagang mengeluhkan sepinya pembeli. Hal ini merupakan dampak dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Salah satunya Aliong, penjual pernak-pernik Imlek.

“Omzet memang menurun drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin banyak yang takut untuk keluar berbelanja,” ujarnya.

Senada dengan Aliong, Lilian, penjual pakaian Cheongsam mengatakan bahwa keuntungannya menurun hingga 30-40%. “Kalau weekday malah kadang ngak ada pembeli, palingan di akhir pekan, sabtu dan minggu,” ungkapnya.

Virus Covid-19 yang sedang mewabah memang menyebabkan banyak sektor mengalami kerugian, terutama dibidang ekonomi. Lilian pun berharap agar pandemi cepat berlalu. “Biar suasananya ramai lagi, seperti tahun-tahun lalu,” pungkasnya. (VIA.Foto.VIA)

Related posts