Festival 7 Sungai, Bentuk Wujud Syukur Masyarakat Cibuluh Subang Terhadap Alam

Jakarta,GPriority.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam beberapa bulan terakhir, terus menggalakkan desa wisata di berbagai daerah di Indonesia. Menteri Sandiaga Uno terus-menerus mendorong masyarakat untuk memelihara potensi wisata dalam menggaet wisatawan lokal maupun asing.

Salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan adalah Desa Wisata Cibuluh, Subang, Jawa Barat. Daerah ini memiliki potensi wisata alam yang memikat mulai dari alam, pegunungan, air terjun, hingga muara sungai dari tujuh aliran sungai.

Untuk menarik minat wisatawan sekaligus mensyukuri alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cibuluh kerapkali menggelar atraksi wisata yang bertajuk Festival 7 Sungai.

Tahun ini menjadi tahun ketujuh penyelenggaraan Festival 7 Sungai. Sebelumnya, festival ini diadakan selama dua hari diakhir pekan pada tanggal 18-19 Desember 2021. Namun untuk tahun ini, belum ditetapkan tanggal pastinya festival ini diadakan.

Festival ini diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, seperti bertani dan mencari ikan. Selama rangkaian acara, Festival 7 Sungai menampilkan berbagai kesenian dan budaya untuk dipertunjukkan kepada wisatawan.

Salah satu diantara pertunjukkan yang menarik adalah bagaimana cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan. Mang Udan, selaku Kordinator Pokdarwis Kecamatan Tanjung Siang, Subang menjelaskan cara masyarakat dalam menangkap ikan, yakni dengan ‘ngecrek dan ngeprok’.

Ngecrek adalah kegiatan menangkap ikan dengan cara melempar-lempar jaring ikan, sementara ngeprok kegiatan memukul-mukul air sungai dengan bambu agar ikan berkumpul dan lari ke dalam perangkap yang terbuat dari bambu atau disebut bubu.

Desa Wisata Cibuluh mulai dikenal pada awal tahun 2017. Wisatawan yang bekunjung ke desa ini dapat menikmati keindahan alam dan sajian budaya masyarakat setempat dengan pesona alam pedesaan, pesawahan, kolam ikan, sungai-sungai yang mengalir, air tejun dan lingkungan yang masih asri.

Maka dari itu, pengelola menekankan kepada Pemda Kabupaten Subang untuk lebih meningkatkan pesona desa wisata Cibuluh ini yang masih banyak kekurangan. Ia membutuhkan dorongan pemda dalam hal infrastruktur jalan ke tempat destinasi wisata. (Hn.)

Related posts