Gambir Segera Pensiun dari Stasiun KA Jarak Jauh

Jakarta, Gpriority.co.id-Belakangan ini ramai beredar di media massa online bahwa Stasiun Gambir akan pensiun melayani Kereta Api Jarak Jauh. Sementara Stasiun Manggarai akan menjadi penggantinya untuk melayani rute KRL jarak jauh dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kabar tersebut muncul setelah adanya keterangan pers dari Kementerian Perhubungan melalui juru bicaranya Adita Irawati. Dalam siaran pers yang dikirim beberapa waktu yang lalu, Adita mengatakan bahwa Stasiun Gambir di Jakarta Pusat akan pensiun melayani rute kereta jarak jauh kedepannya.

“Nantinya, perjalanan kereta jarak jauh akan dialihkan ke Stasiun Manggarai. Saat ini pemerintah tengah mengerjakan proyek Double Double Track (DDT) Manggarai -Cikarang, Stasiun Manggarai,” jelas Adita.

Setelah kegiatan switch over (SO) ke-5 dilakukan di Stasiun Manggarai rampung, akan terjadi penyesuaian jalur yang digunakan untuk penumpang kereta api. “Sesuai masterplan dan desain yang ada, kereta api jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai,” jelas Adita.

Menanggapi berita yang beredar, VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan, bahwa memang benar Kemenhub berencana untuk pengalihfungsian Stasiun Gambir. Untuk itulah KAI mendukung kebijakan pemerintah.

“Namun untuk kepastian kapannya kami masih belum tahu. Yang pasti dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, KAI masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk hal tersebut,” kata Joni Martinus.

Joni juga mengatakan, selama masih belum ada kepastian, Gambir masih tetap akan melayani Kereta jarak jauh. ” Ini bisa terlihat dari masih adanya penumpang yang hadir di Stasiun Gambir.Ini menjadi bukti bahwa Stasiun Gambir masih beroperasi sebagai pelayanan kereta jarak jauh,” tegasnya.

Menutup perbincangan, Joni mengatakan akan memberitahukan kepada awak media, seandainya sudah ada pemberitahuan dari Kemenhub mengenai perubahan pelayanan di Stasiun Gambir.

“Adapun jika nantinya ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, KAI akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu. Salah satu sosialisasi melalui teman-teman media,” kata Joni.

Joni juga berpesan agar masyarakat yang sudah memesan tiket kereta api di Gambir untuk tetap tenang. Karena hingga saat ini masih melayani penumpang jarak jauh.” Tak perlu khawatir, karena kami masih memberikan pelayanan kereta jarak jauh. Terkait dengan rata-rata pelanggan, di bulan Juni ini kami sudah memberangkatkan 7.928 orang perhari. Dan jumlah ini akan bertambah di bulan Juli mengingat akan adanya Idul Adha,” tutup Joni.(Hs.Foto.Hs)

Related posts