Geber Parekraf Peduli, Sandiaga Uno: Donor untuk Kemanusiaan dan Pemulihan Ekonomi

Jakarta,Gpriority-Menurunnya pandemi Covid-19 membuat kegiatan donor darah kembali diselenggarakan oleh semua pihak termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam kegiatan tersebut, Kemenparekraf menggandeng PMI DKI Jakarta dan Alumni Lintas Angkatan SMA Negeri 4.

Program yang diberi nama  Gerak Bersama (Geber) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Peduli ini diharapkan mampu memulihkan persediaan darah sekaligus perekonomian di masa pandemi covid-19.

Harapan tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengikuti kegiatan donor darah di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Gambir, Jakarta Pusat pada Minggu (24/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan terima kasih serta apresiasinya kepada seluruh pihak yang membantu mewujudkan kegiatan Geber Parekraf Peduli. Tujuannya untuk secara langsung membantu PMI DKI Jakarta mengisi persediaan darah Ibu Kota.Sehingga, peristiwa langkanya persediaan darah yang terjadi pada bulan Juni-Agustus 2021 lalu tidak kembali terulang.

“Ketika gelombang kedua pandemi terjadipada Juni-Agustus lalu ada permintaan sebanyak 17.000 kantong darah, tapi karena ada kekurangan stok darah, PMI hanya bisa menyediakan sebanyak 11.000 kantong darah,” ungkap Sandiaga Uno.

Pandemi covid-19, lanjutnya, tidak boleh menghalangi niat baik masyarakat untuk berkontribusi memberikan bantuan. Oleh karena itu, kegiatan sosial yang diikuti ratusan pegawai Kemenparekraf itu diharapkan mampu membantu penanganan kesehatan yang berujung kepada pemulihan ekonomi nasional.

“Ini langkah yang mudah-mudahan bisa memberikan semangat kita untuk bangkit kembali untuk pulihkan, bukan hanya stok darah, tapi juga pulihkan sisi perekonomian, lapangan pekerjaan, mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia, khususnya menghadapi pandemi dan tantangan ekonomi,” jelas Sandiaga Uno.

Dalam kegiatan itu, Sandiaga Uno yang didampingi Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi turut serta mendonorkan darahnya. Setelah melewati sejumlah tahapan pemeriksaan kesehatan, Sandiaga Uno mendonorkan satu kantong darah penuh kepada PMI DKI Jakarta.

“Saya donor darah memang rutin, tiga bulan sekali. Alhamdulillah diberi Allah kesehatan, sehingga saya bisa rutin donor darah,” ungkapnya.

Sementara itu, Rustam Effendi menyampaikan terima kasihnya kepada Kemenparekraf alumni SMA Negeri 4.

Lewat kolaborasi yang terjalin, dirinya berharap agar persediaan darah Ibu Kota yang mencapai 1.000-1.200 kantong darah per hari bisa terpenuhi.

“Alhamdulillah, ini kolaborasi yang luar biasa antara alumni SMA Negeri 4 dengan Kemenparekraf. Terima kasih Pak Menteri dan alumni SMA Negeri 4, soalnya biasanya PMI itu donor darah di kantor RW, tapi kali ini donor darah di kantor Menteri. Ini luar biasa,” ujarnya sumringah.

“Saya berharap apa yang temen-temen lakukan dalam kegiatan donor darah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, pola-pola kolaborasi seperti ini sangat baik dilakukan. Harapannya kita sehat, kehidupan kembali normal dan ekonomi kita tumbuh kembali,” tutupnya.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)

Related posts