Hari Tasyrik, Ini Amalan Utama yang Dianjurkan

Jakarta, GPriority.co.id – Hari Raya Iduladha telah usai, namun semangat ibadah masih terus berkobar. Umat Islam di seluruh dunia masih memiliki kesempatan untuk meraih pahala berlimpah di Hari Tasyrik, yaitu tiga hari setelah Iduladha, tepatnya pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah.

Dinamakan Hari Tasyrik karena di hari-hari tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak tasyrik, yaitu mengucapkan kalimat takbir di setiap selesai sholat fardhu dan sholat sunnah. Selain itu, Hari Tasyrik juga menjadi waktu yang istimewa untuk menyembelih hewan kurban bagi yang belum sempat melakukannya di Hari Raya Iduladha.

Berikut beberapa amalan utama yang dianjurkan selama Hari Tasyrik yang telah GPriority rangkum dari berbagai sumber.

  • Memperbanyak Takbir

Salah satu amalan utama di hari Tasyrik adalah mengucapkan kalimat takbir: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallahu Allahu Akbar, Walillahil hamdu.” Takbir dapat diucapkan setelah sholat fardhu, sholat sunnah, dan di waktu-waktu lainnya.

  • Membagikan Daging Kurban

Membagikan daging kurban kepada fakir miskin dan kaum duafa merupakan amalan yang sangat mulia. Hal ini dapat menjadi wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan hewan kurban.

  • Mempererat Silaturahmi

Hari Tasyrik juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga. Berkumpul bersama dan berbagi hidangan daging kurban dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan.

  • Menyembelih Hewan Kurban

Bagi yang belum sempat menyembelih hewan kurban di Hari Raya Iduladha, masih diperbolehkan untuk melakukannya di Hari Tasyrik.

  • Berdoa

Berdoa merupakan amalan yang sangat penting untuk memohon pertolongan dan kebaikan dari Allah SWT. Di Hari Tasyrik, umat Islam dianjurkan untuk berdoa agar semua amalannya diterima oleh Allah SWT.

Selain itu, hari Tasyrik bukan hanya waktu untuk memperbanyak amalan, tetapi juga momen untuk menikmati kelezatan daging kurban. Daging kurban dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Foto: Baznas